Kompas TV internasional kompas dunia

Terungkap! Komandan Brigade Israel Perintahkan Tentaranya Lakukan Genosida di Lebanon

Kompas.tv - 28 Agustus 2024, 12:22 WIB
terungkap-komandan-brigade-israel-perintahkan-tentaranya-lakukan-genosida-di-lebanon
Reruntuhan bangunan akibat serangan udara Israel di desa Hebbariye di bagian selatan Lebanon, Rabu, 27 Maret 2024. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

YERUSALEM, KOMPAS.TV - Komandan baru dari salah satu brigade militer Israel disebut mendorong tentaranya untuk melakukan genosida di Lebanon.

Hal itu diungkapkan Adi Engert, petugas kesehatan mental di Brigade Alexandroni, melalui unggahan di X pada Senin (26/8/2024) malam, yang kemudian dihapus.

Meski begitu, pernyataan Engert telah beredar luas di media Israel.

Dilansir Anadolu, dalam unggahannya, Engert menuduh komandan baru Brigade Alexandroni, Kolonel Moshe Pesel, mendorong pasukannya untuk menghancurkan desa-desa di Lebanon dan menjadikan jalan-jalan di sana tidak bisa dilalui.

Baca Juga: Menteri Israel Itamar Ben Gvir Ingin Bangun Sinagoga di Masjid Al-Aqsa, Otoritas Palestina Murka

"Desa-desa Lebanon agar menjadi sunyi, dan jalan-jalannya tidak bisa dilalui," kata Pesel dalam sebuah kutipan dari fail yang dikirimkannya kepada para prajurit.

Engert melampirkan komentar tersebut dalam unggahannya. Foto dari komentar tersebut terus beredar di media Israel meski unggahannya telah dihapus.

Menurut laporan Israeli Broadcasting Authority, Engert menyebut setelah Pesel mengambil alih komando, dia mengirim pesan kepada para prajurit brigade.

Pesan itu berbunyi: "Komandan baru (saya) telah bergabung dengan brigade. Sebagai permulaan, saya berharap pasukan melakukan genosida."

Kontroversi ini menarik perhatian publik, terutama karena Brigade Alexandroni telah bertugas lebih dari 200 hari sejak 7 Oktober, menjaga perbatasan dengan Lebanon dan di Jalur Gaza.




Sumber : Anadolu/Times of Israel




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x