Kompas TV internasional kompas dunia

Pasukan Ukraina Menyerbu, Rusia Umumkan Status Darurat di Kursk

Kompas.tv - 9 Agustus 2024, 22:39 WIB
pasukan-ukraina-menyerbu-rusia-umumkan-status-darurat-di-kursk
Foto yang dirilis oleh saluran telegram Gubernur wilayah Kursk Alexei Smirnov pada hari Selasa, 6 Agustus 2024, menunjukkan sebuah rumah yang rusak setelah penembakan oleh pihak Ukraina di kota Sudzha, wilayah Kursk yang berbatasan dengan Ukraina. Pejabat Rusia mengatakan pada hari Rabu bahwa mereka sedang melawan serangan lintas batas Ukraina di provinsi perbatasan barat daya untuk hari kedua, sementara pejabat Kyiv tetap bungkam tentang ruang lingkup operasi tersebut. (Sumber: Saluran telegram Gubernur wilayah Kursk melalui AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia mengumumkan keadaan darurat tingkat federal di wilayah Kursk pada Jumat (9/8/2024) setelah serangan besar-besaran dari pasukan Ukraina yang menyeberang ke wilayah Rusia. 

Keadaan darurat di Kursk ditetapkan empat hari setelah ratusan tentara Ukraina menyerbu wilayah Rusia, dalam serangan yang disebut sebagai aksi terbesar di tanah Rusia sejak perang dimulai.

Pemerintah Rusia langsung merespons dengan mengirimkan bala bantuan militer, termasuk kendaraan berat dan pasukan tambahan, untuk menghadapi serangan tersebut.

Gubernur sementara Kursk, Alexei Smirnov, menyatakan bahwa situasi operasional di wilayah tersebut tetap sulit. 

Pihak berwenang juga telah mulai mengevakuasi warga yang terdampak konflik, dengan lebih dari 3.000 orang telah dipindahkan ke tempat yang lebih aman.

Sumber dari Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan bahwa pertempuran terjadi di pinggiran barat kota Sudzha, sekitar 10 kilometer dari perbatasan. 

Kota ini merupakan titik penting dalam jaringan pipa gas alam Rusia, yang menambah urgensi dalam mempertahankan wilayah tersebut dari serangan Ukraina.

Rusia Serang dengan Rudal Pesawat, 12 Orang Tewas

Di tengah eskalasi Kursk serangan rudal yang diluncurkan dari pesawat Rusia menghantam sebuah mal di Kostiantynivka, Ukraina, menewaskan setidaknya 12 orang dan melukai 44 lainnya.

Mal tersebut terletak di kawasan pemukiman dan sedang ramai oleh pengunjung ketika serangan terjadi. Tebal asap hitam membumbung tinggi dari lokasi kejadian.

"Ini adalah serangan yang disengaja terhadap tempat yang ramai, tindakan teror lain oleh Rusia," ujar kepala wilayah Donetsk, Vadym Filashkin, melalui pesan di Telegram dikutip dari Associated Press.

Baca Juga: Ukraina Luncurkan Serangan Mengejutkan ke Wilayah Kursk Rusia, Pertempuran Besar Terjadi

Serangan ini bukanlah yang pertama kalinya menghantam Kostiantynivka. Pada September tahun lalu, sebuah pasar terbuka di kota yang sama diserang rudal Rusia, menewaskan 17 orang.

Situasi di Kursk




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x