Kompas TV internasional kompas dunia

Alasan Pemilihan Presiden Venezuela Penting bagi Dunia Menurut Media Barat

Kompas.tv - 28 Juli 2024, 09:00 WIB
alasan-pemilihan-presiden-venezuela-penting-bagi-dunia-menurut-media-barat
Seorang pendukung memajang poster Presiden Nicolas Maduro selama rapat umum kampanye penutupan di Caracas, Venezuela, Kamis, 25 Juli 2024. Maduro mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga dalam pemilihan umum pada 28 Juli. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

CARACAS, KOMPAS TV - Masa depan Venezuela akan diputuskan pada hari ini Minggu (28/7/2024). Para pemilih akan menentukan apakah mereka akan memilih kembali Presiden Nicolas Maduro yang telah menjabat selama 11 tahun penuh krisis, atau memberikan kesempatan kepada oposisi yang menjanjikan perbaikan kebijakan yang dipandang menyebabkan kehancuran ekonomi dan memaksa jutaan orang untuk meninggalkan negara.

Partai-partai oposisi yang selama ini terpecah kini bersatu di belakang satu kandidat, memberikan tantangan paling serius bagi Partai Sosialis Uni Venezuela dalam pemilihan presiden selama beberapa dekade terakhir.

Maduro menghadapi tantangan dari mantan diplomat Edmundo González Urrutia, yang mewakili oposisi yang kembali bangkit, serta delapan kandidat lainnya. Pendukung Maduro dan González mengakhiri masa kampanye resmi pada hari Kamis dengan demonstrasi besar-besaran di ibu kota, Caracas.

Berikut adalah beberapa alasan mengapa pemilihan presiden Venezuela penting bagi dunia menurut media barat Associated Press, Sabtu (27/7/2024).

Dampak Terhadap Migrasi

Pemilihan ini akan memengaruhi arus migrasi, apapun hasilnya. Ketidakstabilan di Venezuela selama dekade terakhir telah mendorong lebih dari 7,7 juta orang untuk bermigrasi, menjadikannya eksodus terbesar dalam sejarah terbaru Amerika Latin menurut PBB.

Banyak migran Venezuela kini menetap di negara-negara Amerika Latin dan Karibia, tetapi semakin banyak yang melirik Amerika Serikat.

Survei nasional yang dilakukan bulan April oleh lembaga riset Venezuela, Delphos, menunjukkan sekitar seperempat orang Venezuela mempertimbangkan untuk pergi jika Maduro terpilih kembali.

Dari jumlah tersebut, sekitar 47% mengatakan kemenangan oposisi akan membuat mereka bertahan, sementara jumlah yang hampir sama mengatakan  perbaikan ekonomi akan membuat mereka tetap di tanah air mereka. Survei ini memiliki margin kesalahan sekitar 2 persen.

Baca Juga: Kapal Perang Inggris Tiba di Guyana saat Sengketa Perbatasan dengan Venezuela Memanas

Warga berswafoto dengan calon presiden oposisi Edmundo Gonzalez, tengah, setelah mendarat di Bandara Internasional Simon Bolivar di La Guaira, Venezuela, Rabu, 24 Juli 2024. Pemilihan presiden akan diadakan pada hari ini, Minggu 28 Juli 2024. (Sumber: AP Photo)

Pemimpin Oposisi Utama Tidak Ada di Kotak Suara

Nama yang paling banyak dibicarakan dalam pemilihan ini tidak ada di kotak suara: María Corina Machado. Mantan anggota dewan ini muncul sebagai bintang oposisi pada tahun 2023, menggantikan generasi pemimpin oposisi yang  melarikan diri ke pengasingan.

Serangan prinsipilnya terhadap korupsi dan kesalahan pengelolaan pemerintah menarik jutaan orang Venezuela untuk memilihnya dalam pemilihan awal oposisi pada Oktober 2023 lalu.

Namun, pemerintah Maduro menyatakan pemilu awal tersebut ilegal dan membuka penyelidikan kriminal terhadap beberapa penyelenggaranya. Sejak itu, mereka mengeluarkan surat perintah untuk beberapa pendukung Machado dan menangkap beberapa stafnya. Pengadilan tertinggi negara juga menolak kehadirannya di kotak suara.

Meski begitu, Machado terus berkampanye, mengadakan rally di seluruh negeri dan menjadikan larangan pencalonannya sebagai simbol dari kehilangan hak dan penghinaan yang dirasakan banyak pemilih selama lebih dari satu dekade.

Dia mendukung Edmundo González Urrutia, seorang mantan duta besar yang belum pernah memegang jabatan publik, membantu oposisi yang terpecah bersatu.

Mereka berkampanye bersama dengan janji reformasi ekonomi yang akan menarik kembali jutaan orang yang telah meninggalkan Venezuela sejak Maduro menjadi presiden pada tahun 2013.

González memulai karir diplomatiknya sebagai ajudan duta besar Venezuela di AS pada akhir 1970-an. Dia pernah ditempatkan di Belgia dan El Salvador, serta menjabat sebagai duta besar Caracas di Algeria. Pos terakhirnya adalah sebagai duta besar untuk Argentina selama kepresidenan Hugo Chávez, yang dimulai pada tahun 1999.

Baca Juga: Eks Kepala Intelijen Venezuela Diekstradisi ke AS dari Spanyol, Bakal Didakwa Perdagangan Narkoba

Presiden Nicolas Maduro melambaikan tangan kepada para pendukungnya bersama ibu negara Cilia Flores selama rapat umum penutupan kampanye pemilihannya di Caracas, Venezuela, Kamis, 25 Juli 2024. (Sumber: AP Photo)

Mengapa Presiden Saat Ini Kesulitan?

Popularitas Maduro menurun akibat krisis ekonomi yang disebabkan oleh penurunan harga minyak, korupsi, dan pengelolaan pemerintah yang buruk.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x