Kompas TV internasional kompas dunia

Fakta-Fakta Kerusuhan Bangladesh yang Tewaskan 100 Orang, Berawal dari Protes Kuota CPNS

Kompas.tv - 22 Juli 2024, 14:48 WIB
fakta-fakta-kerusuhan-bangladesh-yang-tewaskan-100-orang-berawal-dari-protes-kuota-cpns
Demonstran mahasiswa bentrok dengan polisi dalam demonstrasi menetang kuota khusus pegawai pemerintah untuk keluarga veteran di Dhaka, Bangladesh, 19 Juli 2024. (Sumber: Rajib Dhar/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

DHAKA, KOMPAS.TV - Bangladesh diterpa kerusuhan mematikan seiring gelombang demonstrasi yang berlangsung beberapa pekan belakangan. Polisi dan demonstran dilaporkan bentrok di ibu kota Bangladesh, Dhaka dan menimbulkan banyak korban jiwa.

Pemerintah Bangladesh tidak mengumumkan secara resmi jumlah korban terkait gelombang demonstrasi belakangan ini. Namun, media-media lokal melaporkan korban jiwa dalam kerusuhan Bangladesh telah lebih dari 100 orang.

Berikut fakta-fakta mengenai kerusuhan Bangladesh yang dipicu protes mahasiswa terhadap kuota calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk kalangan keluarga veteran.

Mahasiswa Bangladesh protes kuota khusus CPNS

Demonstrasi besar-besaran di Bangladesh bermula ketika Pengadilan Tinggi Bangladesh kembali memberlakukan peraturan tentang kuota CPNS bagi keluarga veteran, 5 Juni 2024 lalu.

Melalui UU tersebut, kerabat veteran perang kemerdekaan Bangladesh pada 1971 mendapat jatah khusus 30 persen pos CPNS. Peraturan ini sebelumnya ditinggalkan pada 2018 karena demonstrasi mahasiswa.

Baca Juga: Bangladesh Evakuasi 800 Ribu Warga Akibat Siklon Parah dari Teluk Benggala

Demonstrasi di Bangladesh mulai pecah pada awal Juni, awalnya terbatas di lingkungan kampus. Namun, gerakan protes membesar dan berubah menjadi gelombang kerusuhan.

Kerusuhan besar membuat Pengadilan Tinggi Bangladesh merevisi aturan kuota CPNS bagi keluarga veteran pada Minggu (21/7/2024). Kuota keluarga veteran yang mulanya sebesar 30 persen dipotong menjadi 5 persen.

Pengadilan Tinggi Bangladesh juga menetapkan 93 persen pos CPNS akan diisi melalui seleksi berbasis merit atau kemampuan, sedangkan 2 persen kuota dialokasikan untuk etnis minoritas, difabel, dan transgender.

PM perintahkan tembak di tempat

Pemerintahan Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina berupaya memadamkan protes dengan memberlakukan jam malam dan perintah tembak di tempat. Pemerintah Bangladesh juga memutus jaringan internet sehingga sulit mengetahui informasi terkini dari negara di Asia Selatan tersebut.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x