Kompas TV internasional kompas dunia

China dan Filipina Capai Kesepakatan Hentikan Bentrokan di Laut China Selatan yang Bisa Libatkan AS

Kompas.tv - 22 Juli 2024, 07:41 WIB
china-dan-filipina-capai-kesepakatan-hentikan-bentrokan-di-laut-china-selatan-yang-bisa-libatkan-as
Anggota Penjaga Pantai Filipina memegang bendera saat kedatangan kapal pelatihan angkatan laut China, Qi Jiguang, untuk kunjungan persahabatan di pelabuhan Manila, Filipina, 14 Juni 2023. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MANILA, KOMPAS.TV - China dan Filipina mencapai kesepakatan yang diharapkan akan mengakhiri bentrokan di pulau karang yang paling diperebutkan di Laut China Selatan, kata pemerintah Filipina, Minggu (21/7/2024).

Filipina menduduki Pulau Karang Second Thomas, namun China juga mengeklaimnya. Bentrokan yang semakin memanas di laut memicu kekhawatiran akan konflik yang lebih besar yang bisa melibatkan Amerika Serikat (AS).

Kesepakatan penting ini dicapai hari Minggu (21/7) setelah serangkaian pertemuan antara diplomat Filipina dan China di Manila serta pertukaran nota diplomatik yang bertujuan menetapkan pengaturan yang dapat diterima bersama di pulau karang tanpa mengorbankan klaim teritorial masing-masing pihak.

Dua pejabat Filipina, yang mengetahui negosiasi tersebut, mengonfirmasi kesepakatan ini kepada The Associated Press dengan syarat anonim. Pemerintah kemudian mengeluarkan pernyataan singkat yang mengumumkan kesepakatan tersebut tanpa memberikan rincian.

"Kedua pihak terus mengakui perlunya meredakan situasi di Laut China Selatan dan mengelola perbedaan melalui dialog dan konsultasi serta sepakat bahwa kesepakatan ini tidak akan memengaruhi posisi masing-masing di Laut China Selatan," kata Departemen Luar Negeri di Manila.

China bersengketa dengan beberapa negara terkait perbatasan darat dan laut, banyak di antaranya di Laut China Selatan. Kesepakatan yang jarang terjadi dengan Filipina ini bisa memicu harapan bahwa pengaturan serupa bisa dibuat oleh Beijing dengan negara-negara pesaing lainnya untuk menghindari bentrokan, sementara isu teritorial yang rumit tetap belum terselesaikan.

Namun, masih harus dilihat apakah kesepakatan ini dapat diimplementasikan dengan sukses dan berapa lama akan bertahan.

Baca Juga: China Tolak Manuver Filipina ke PBB untuk Perpanjang Landas Kontinen di Laut China Selatan

Sembilan garis putus-putus yang diklaim China di Laut China Selatan berdasarkan peta yang diberikan China ke PBB. China menolak permintaan Filipina yang mengajukan permohonan ke PBB untuk memperpanjang landas kontinen di Laut China Selatan dan mendapatkan hak eksklusif untuk mengeksploitasi sumber daya bawah laut, seperti dilaporkan media pemerintah hari Senin, 17/6/2024. (Sumber: Northwestern University)

Penjaga pantai dan kekuatan lain China telah menggunakan meriam air yang kuat dan manuver berbahaya untuk mencegah makanan dan pasokan lainnya mencapai personel angkatan laut Filipina di pos terdepan Manila di pulau karang tersebut.

Kebuntuan teritorial yang berlangsung bertahun-tahun di pulau karang ini telah berulang kali memanas sejak tahun lalu antara kapal penjaga pantai, angkatan laut, dan kapal milisi China yang diduga terjadi antara kapal angkatan laut Filipina yang dikawal oleh penjaga pantai yang mengangkut makanan, air, serta personel angkatan laut dan marinir baru ke pos terdepan di kapal perang tua dan berkarat, BRP Sierra Madre.

Dalam konfrontasi terburuk, pasukan China berulang kali menabrak dan kemudian menaiki dua kapal angkatan laut Filipina pada 17 Juni untuk mencegah personel Filipina memindahkan makanan dan pasokan lainnya termasuk senjata ke pos kapal di perairan dangkal pulau karang tersebut, menurut pemerintah Filipina.

Setelah beberapa kali menabrak, pasukan China merebut kapal angkatan laut Filipina dan merusaknya dengan golok dan tombak kapal. Mereka juga menyita tujuh senapan M4, yang disimpan dalam kotak, serta pasokan lainnya.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x