Kompas TV internasional kompas dunia

Partai Komunis China Dukung Visi Teknologi Tinggi Xi Jinping, Tingkatkan Keamanan Nasional

Kompas.tv - 19 Juli 2024, 03:05 WIB
partai-komunis-china-dukung-visi-teknologi-tinggi-xi-jinping-tingkatkan-keamanan-nasional
Sebuah robot menyambut pengunjung China Beijing Hi-Tech Expo di Beijing, Selasa, 16 Juli 2024. Partai Komunis China baru saja memutuskan mendukung penuh visi Xi Jinping untuk menjadikan China sebagai kekuatan teknologi global termasuk bidang militer. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BEIJING, KOMPAS.TV - Partai Komunis China baru saja menyelesaikan pertemuan puncak yang penuh keputusan penting, memutuskan mendukung penuh visi Xi Jinping untuk menjadikan China sebagai kekuatan teknologi global dan memperkuat keamanan nasional, sebuah langkah strategis yang dapat mengubah masa depan negara tersebut.

Pernyataan yang dirilis setelah pertemuan hanya memberikan ringkasan umum dari keputusan yang diambil. Detail lebih lanjut kemungkinan akan muncul dalam beberapa hari mendatang.

"Periode saat ini dan masa depan adalah waktu yang krusial untuk memajukan pembangunan negara kuat dan kebangkitan nasional dengan modernisasi gaya China," demikian pernyataan tersebut, "Pembangunan berkualitas tinggi adalah tugas utama dalam membangun negara sosialis modern secara menyeluruh."

Pernyataan tersebut menyebutkan tugas yang diuraikan dalam pertemuan ini akan diselesaikan pada tahun 2029, peringatan 80 tahun berdirinya Republik Rakyat China.

Agenda pertemuan fokus pada strategi untuk pertumbuhan ekonomi yang mandiri di saat China menghadapi pembatasan ketat atas akses ke teknologi canggih Barat, seperti chip komputer mutakhir dan kecerdasan buatan.

"Keamanan nasional adalah fondasi penting untuk pembangunan modernisasi gaya China yang stabil dan jangka panjang," kata pernyataan yang dirilis Kamis(18/7/2024), mencatat bahwa "kepemimpinan partai adalah jaminan dasar" untuk mencapai tujuan tersebut.

Investor asing dan pasar sedang menunggu langkah yang akan diambil partai untuk mengatasi kemerosotan sektor properti China dan lemahnya kepercayaan konsumen yang menghambat pemulihan China dari pandemi Covid-19.

Baca Juga: China Hentikan Pembicaraan Pengendalian Senjata Nuklir dengan AS karena Taiwan

Kapal induk China Type 003 (atas) dan Kapal Induk tercanggih AS kelas Gerald R. Ford, (bawah). Partai Komunis China baru saja memutuskan mendukung penuh visi Xi Jinping untuk menjadikan China sebagai kekuatan teknologi global termasuk bidang militer. (Sumber: Naval News/HI Sutton)

Pertumbuhan ekonomi melambat menjadi 4,7% secara tahunan pada kuartal April hingga Juni, karena investasi di properti dan penjualan properti terus menurun meskipun berbagai langkah untuk mendorong keluarga membeli rumah.

Laporan terbaru di media pemerintah dan pernyataan kebijakan sebelumnya menunjukkan Beijing akan terus memprioritaskan investasi sektor teknologi dan mendorong perusahaan untuk meningkatkan peralatan dan pengetahuan mereka sesuai dengan seruan pemimpin Xi Jinping untuk "pembangunan berkualitas tinggi."

Menanggapi kekhawatiran yang melemahkan kepercayaan konsumen, memperlambat pemulihan China dari pandemi Covid-19, pernyataan itu mengakui perlunya meningkatkan "kesejahteraan dasar, menyelesaikan kepentingan yang paling langsung dan realistis dari rakyat, serta terus memenuhi harapan rakyat untuk kehidupan yang lebih baik."

Pernyataan itu menjanjikan perbaikan dalam distribusi pendapatan, pasar kerja, jaminan sosial, dan sistem medis, tetapi tidak memberikan rincian.

Demikian pula, pernyataan itu menyebutkan perlunya mengatasi risiko di pasar properti dan ancaman lain terhadap ekonomi, tanpa memberikan rincian.




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x