Kompas TV internasional kompas dunia

Trump Segera Diresmikan Jadi Capres Partai Republik AS, Begini Mekanisme Konvensi Partai Tersebut

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 15:14 WIB
trump-segera-diresmikan-jadi-capres-partai-republik-as-begini-mekanisme-konvensi-partai-tersebut
Lokasi konvensi partai Republik di Milwaukee, Minggu, 14/7/2024. Tahun ini, Trump akan menerima pencalonan Partai Republik dengan dukungan penuh partai dan keraguan di pihak Demokrat tentang kemampuan Presiden Joe Biden untuk terpilih kembali, (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS TV - Hampir 2.500 delegasi Partai Republik berkumpul di Milwaukee minggu ini untuk memilih calon presiden mereka. Ini akan menandai berakhirnya pemilihan pendahuluan.

Hasilnya sudah bisa ditebak. Mantan Presiden Donald Trump menjadi calon kuat sejak 12 Maret. Namun, Trump baru akan resmi menjadi calon utama partai Republik setelah para delegasi memilih secara resmi, seperti laporan Associated Press, Senin, 15/7/2024.

Mayoritas delegasi sudah memutuskan mendukung Trump. Dia hanya butuh mayoritas suara untuk menang. Namun, beberapa delegasi masih mendukung mantan kandidat Nikki Haley, meskipun dia sudah mundur.

Berbeda dengan Partai Demokrat yang memperbolehkan delegasinya memilih sesuai hati nurani, delegasi Partai Republik harus tetap mendukung kandidat yang mereka pilih. Ini hampir memastikan Trump akan resmi menjadi calon minggu ini.

Baca Juga: Kubu Partai Republik AS Berbondong ke Milwaukee untuk Konvensi Partai dan Resmikan Pencalonan Trump

Orang-orang berjalan melewati Fiserv Forum menjelang Konvensi Nasional Partai Republik 2024, Kamis, 11 Juli 2024, di Milwaukee. Tahun ini, Trump akan menerima pencalonan Partai Republik dengan dukungan penuh partai dan keraguan di pihak Demokrat tentang kemampuan Presiden Joe Biden untuk terpilih kembali. (Sumber: AP Photo)

Mekanisme Pemilihan di Konvensi

Dalam konvensi, pemilihan calon presiden dilakukan melalui pemungutan suara oleh delegasi partai di negara bagian. Berikut adalah mekanisme dasar yang diikuti:

Delegasi Terikat dan Tidak Terikat: Sebagian besar delegasi berasal dari hasil pemilihan pendahuluan dan terikat untuk mendukung kandidat tertentu. Namun, ada delegasi "tidak terikat" yang bisa memilih kandidat mana pun.

Jumlah Delegasi: Untuk memenangkan nominasi, seorang kandidat harus mendapatkan mayoritas delegasi. Pada Konvensi Nasional Partai Republik, 2.268 delegasi diperlukan untuk menang dan menjadi calon presiden.

Proses Pemungutan Suara: Pemimpin dari setiap delegasi negara bagian akan bergantian mengumumkan hasil suara. Jika sebuah delegasi tidak memberikan suara pada giliran mereka, mereka bisa melakukannya di akhir pemungutan suara.

Aturan Partai: RNC memiliki aturan yang mengharuskan kandidat memenangkan pluralitas delegasi di setidaknya lima negara bagian untuk dianggap sebagai calon resmi.

Baca Juga: Trump Serukan Persatuan usai Upaya Pembunuhan, Tegaskan Tetap Hadir di Konvensi Partai Republik Esok

Calon presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dikawal petugas Secret Service usai lolos dari percobaan pembunuhan di Butler, Pennsylvania, AS, Sabtu (13/7/2024). (Sumber: Gene J. Puskar/Associated Press)




Sumber : Associated Press / NPR




BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Darurat Kekerasan Pada Perempuan

18 September 2024, 14:32 WIB

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x