Kompas TV internasional kompas dunia

Tentara Australia Ditangkap Bersama Suaminya, Didakwa Mata-Mata Rusia

Kompas.tv - 12 Juli 2024, 11:19 WIB
tentara-australia-ditangkap-bersama-suaminya-didakwa-mata-mata-rusia
Tentara Australia Kira Korolev, dan suaminya Igor Korolev ditangkap polisi Australia dan didakwa mata-mata Rusia. (Sumber: Facebook Via 9News)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Iman Firdaus

BRISBANE, KOMPAS.TV - Seorang tentara Australia kelahiran Rusia ditangkap dan didakwa sebagai mata-mata Rusia.

Selain dirinya, suaminya juga ditangkap dengan tuduhan yang sama.

Pasangan menikah yang tinggal di Brisbane tersebut didakwa karena mengakses material militer Australia untuk dibagikan ke Rusia.

Baca Juga: AS Kirim Bom 2 Kuintal ke Israel Meski Serukan Gencatan Senjata di Gaza, Standar Ganda?

Prajurit Angkatan darat Kira Korolev (40 tahun), dan suaminya Igor Korolev (62 tahun), yang bekerja sebagai buruh ditangkap di rumahnya di Brisbane, Kamis (11/7/2024).

Dikutip dari 9News, Komisaris Polisi Federal Australia (AFP) Reece Kershaw pada Jumat (12/7/2024), mengungkapkan detail penangkapan mereka.

Ini juga menjadi pertama kalinya dakwaan diajukan berdasarkan undang-undang (UU) kontra-spionase baru yang diperkenalkan enam tahun lalu.

“Mereka telah didakwa dengan satu dakwaan masing-masing mempersiapkan pelanggaran spionase, dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun,” katanya.

Ia mengatakan sang tentara, teknisi sistem informasi ADF, telah melakukan perjalanan ke Rusia yang tak diungkapkan ketika cuti dari ketentaraan.

AFP menduga keduanya bekerja sama untuk mengakses materi dari Pasukan Pertahanan Australia yang berkaitan dengan kepentingan keamanan nasional Australia.




Sumber : 9News




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x