Kompas TV internasional kompas dunia

Profil Paus Fransiskus, Putra Imigran Italia yang Jadi Paus Pertama dari Benua Amerika

Kompas.tv - 10 Juli 2024, 16:05 WIB
profil-paus-fransiskus-putra-imigran-italia-yang-jadi-paus-pertama-dari-benua-amerika
Paus Fransiskus saat menyampaikan pidato dalam audiensi umum mingguannya di Lapangan Santo Petrus di Vatikan, Rabu, 22 Maret 2023. (Sumber: AP Photo/Alessandra Tarantino)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV -  Berikut profil Paus Fransiskus, Pemimpin Gereja Katolik Dunia pertama yang berasal dari benua Amerika.

Seperti diketahui, Paus Fransiskus dijadwalkan akan melakukan perjalanan apostolik ke empat negara di kawasan Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Kunjungan ini akan berlangsung dari 2 hingga 13 September 2024, dengan Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi dari tanggal 3 hingga 6 September 2024.

Salah satu agenda Paus Fransiskus di Jakarta adalah mengunjungi Masjid Istiqlal pada 5 September 2024.

Lantas seperti apa profil dari Paus Fransiskus?

Profil Paus Fransiskus

Dilansir dari Vatican.va, Jorge Mario Bergoglio, yang dikenal sebagai Paus Fransiskus, merupakan Paus pertama yang berasal dari benua Amerika.

Lahir di Buenos Aires pada 17 Desember 1936, putra imigran Italia itu tumbuh dalam keluarga sederhana di Argentina. 

Ayahnya, Mario, bekerja sebagai akuntan di perusahaan kereta api, sementara ibunya, Regina Sivori, mengabdikan diri pada keluarga mereka yang terdiri dari lima anak.

Sebelum memasuki dunia kependetaan, Bergoglio sempat meraih gelar sebagai teknisi kimia. Namun, panggilan hatinya membawanya ke Seminari Diosesan Villa Devoto dan kemudian masuk novisiat Serikat Yesus pada 11 Maret 1958.

Baca Juga: Cara Daftar Misa Akbar bersama Paus Fransiskus di GBK, Ikuti Jalur Komunikasi Resmi

Pendidikan humaniora di Chile dan gelar filsafat dari Colegio de San José di San Miguel adalah bagian dari perjalanan intelektualnya yang solid. Selain itu, ia juga mengajar sastra dan psikologi di berbagai institusi pendidikan di Argentina.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x