Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Keras: Tak Akan Ada Normalisasi dengan Israel tanpa Adanya Negara Palestina

Kompas.tv - 21 Juni 2024, 16:34 WIB
arab-saudi-keras-tak-akan-ada-normalisasi-dengan-israel-tanpa-adanya-negara-palestina
Duta Besar Arab Saudi untuk Inggris Pangeran Khalid bin Badar di Chatham House, Kamis (20/6/2024). (Sumber: X/Chatham House Via Arab News)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Vyara Lestari

LONDON, KOMPAS.TV - Arab Saudi dengan keras menegaskan tak akan ada normalisasi hubungan dengan Israel tanpa adanya negara Palestina.

Hal itu diungkapkan oleh Duta Besar Arab Saudi untuk Inggris Pangeran Khalid Bin Bandar, Kamis (20/6/2024).

Berbicara di Konferensi Chatham House, London, Pangeran Khalid bin Bandar mengatakan normalisasi tetap penting bagi Arab Saudi dan negara lain di wilayah sekitarnya.

Baca Juga: Ketahuan Selingkuh, Pria Ini Malah Gugat Apple, Ternyata Ini Alasannya

Hal itu karena dianggap bisa memastikan perdamaian, stabilitas dan keamanan.

Ia mengatakan bahwa kompromi harus dilakukan untuk menyelesaikan konflik Arab-Israel, yang disebutnya bisa berdampak pada dunia.

Namun, Pangeran Khalid menegaskan normalisasi akan menjadi tak relevan hingga penderitaan Rakyat Palestina terselesaikan.

“Kami percaya atas penciptaan negara Palestina dan solusi atas konflik ini,” kata Pangeran Khalid dikutip dari Arab News.

“Jika itu mudah, kita pasti sudah akan melakukannya searang, normalisasi tidak relevan. Tak ada gunanya mencapai normalisasi, karena kami masih memiliki konflik, dan konflik adalah masalah bukan normalisasi,” tuturnya.



Sumber : Arab News



BERITA LAINNYA



Close Ads x