Kompas TV internasional kompas dunia

Gaduh Perombakan Kementerian Pertahanan Rusia yang Terjadi saat Perang Ukraina di Titik Genting

Kompas.tv - 14 Mei 2024, 07:21 WIB
gaduh-perombakan-kementerian-pertahanan-rusia-yang-terjadi-saat-perang-ukraina-di-titik-genting
Sergei Shoigu, Menteri Pertahanan Rusia, saat parade Hari Kemenangan di Moskow, Rusia, pada 9 Mei 2024. Putin mengganti Shoigu dengan Andrei Belousov sebagai Menteri Pertahanan, sementara Shoigu dipindahkan menjadi sekretaris dewan keamanan nasional. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS TV - Berdiri dengan seragam penuh di bagian belakang mobil Aurus-nya, Menteri Pertahanan Sergei Shoigu mengelilingi Lapangan Merah untuk meninjau pasukan selama parade Hari Kemenangan minggu lalu. Ini adalah pemeriksaan terakhirnya dalam posisi tersebut.

Pada akhir pekan, Presiden Vladimir Putin mengganti Shoigu, yang berusia 68 tahun dan menjadi anggota terlama di kabinetnya, dalam pergantian Kremlin yang jarang terjadi, bahkan ketika serangan Rusia di Ukraina bagian timur laut sedang membuat kemajuan.

Tidak kalah mengejutkan adalah pilihan pengganti Shoigu, yakni Andrei Belousov, seorang ahli ekonomi berusia 65 tahun yang tidak pernah berurusan dengan militer atau lembaga penegak hukum lainnya.

Penempatan Belousov sebagai Menteri Pertahanan dianggap sebagai cara mengendalikan pengeluaran militer dan menyelaraskan sektor pertahanan dengan ekonomi, yang sangat terpukul oleh sanksi-sanksi Barat.

Perombakan ini mengejutkan beberapa ahli dan masih ada beberapa misteri yang harus diungkap.

Baca Juga: Putin Tunjuk Andrei Belousov Menteri Pertahanan, Sergei Shoigu Sekretaris Dewan Keamanan Nasional

Presiden Rusia Vladimir Putin, kiri, dan Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu meninggalkan Lapangan Merah setelah parade militer Hari Kemenangan di Moskow, Rusia, Kamis, 9 Mei 2024, menandai peringatan 79 tahun berakhirnya Perang Dunia II. (Sumber: AP Photo)

Masalah Shoigu

Pekerjaan Shoigu tampaknya berada dalam bahaya pada awal invasi tahun 2022 ketika Rusia mengalami kekalahan di medan perang yang memancing kemarahan kaum garis keras Rusia. Ia dan Kepala Staf Umum Militer, Jenderal Valery Gerasimov, banyak disalahkan atas kegagalan untuk merebut Kiev serta mundurnya pasukan Rusia dari Ukraina bagian timur laut dan selatan di tengah serangan balik yang sengit.

Tahun lalu, kepala tentara bayaran Rusia Yevgeny Prigozhin melancarkan kecaman keras dan kasar terhadap Shoigu dan Gerasimov, menuduh mereka tidak kompeten dan korup.

Pada bulan Juni, Prigozhin melancarkan pemberontakan untuk menuntut penggulingan mereka, merebut markas militer di kota selatan Rostov-on-Don dan mengirim tentara bayaran untuk bergerak menuju Moskow yang ia batalkan beberapa jam kemudian.

Dua bulan kemudian, Prigozhin dan letnan teratasnya meninggal dalam kecelakaan pesawat yang mencurigakan yang banyak dilihat sebagai pembalasan dari Kremlin, sementara Shoigu tampaknya memperkuat posisinya. Kremlin membantah keterlibatan mereka dalam insiden itu.

Meskipun dia telah menjabat sebagai menteri pertahanan selama 11,5 tahun, keberuntungan Shoigu tampaknya semakin menurun bulan lalu.

Wakilnya, Timur Ivanov, ditangkap atas tuduhan suap dan dihadirkan ke pengadilan dengan masih mengenakan seragam militer. Ivanov telah menjadi rekan teratas Shoigu sejak sebelum menjadi menteri pertahanan, dan pengamat Kremlin melihatnya sebagai pukulan serius.

Baca Juga: Alasan Mengejutkan Putin Menunjuk Andrei Belousov, Ahli Ekonomi, sebagai Menteri Pertahanan

Andrei Belousov saat masih menjabat wakil PM pertama Rusia. Dalam pertemuannya di Parlemen Federasi Rusia, calon Menteri Pertahanan, Andrei Belousov, memaparkan rangkaian gebrakan kebijakan yang akan dia ambil saat mulai menjabat menteri pertahanan Rusia. (Sumber: RIA Novosti)

Pendaratan yang Mulus

Namun, Putin dikenal tidak menyukai pemecatan di bawah tekanan, dan Shoigu yang setia, yang menemani sang Presiden dalam liburan di pegunungan Siberia selama bertahun-tahun, tidak terkecuali. Shoigu mendapat pendaratan yang lembut, dipindahkan untuk memimpin Dewan Keamanan Presiden dan menggantikan Nikolai Patrushev. Peran ini secara kasar mirip dengan Penasihat Keamanan Nasional AS.

Patrushev, anggota lama yang keras kepala dan berpengaruh di lingkaran dalam Putin, akan mendapat penunjukan baru yang akan diumumkan segera, kata Kremlin, meninggalkan pertanyaan lain yang belum terjawab.

"Shoigu pindah ke posisi yang dihormati dan kuat karena dia setia, dan dia dan Putin adalah teman," kata Dara Massicot, sesepuh di Program Rusia dan Eurasia Carnegie Endowment, dalam platform media sosial X.

Seorang Ekonom sebagai Menteri Pertahanan

Sementara Shoigu mendapat pintu keluar terhormat dari Kementerian Pertahanan, Belousov "mungkin akan membuat perubahan organisasional," kata Massicot.

Penempatan seorang ekonom di kepemimpinan Kementerian Pertahanan dianggap sebagai cara untuk mengelola lebih baik apa yang menjadi pengisap utama kekayaan Rusia karena perang memasuki tahun ketiga.

Juru bicara Kremlin Dmitry Peskov menekankan perlunya mengintegrasikan sektor militer lebih erat dengan ekonomi untuk "menyelaraskan dengan dinamika saat ini."



Sumber : Associated Press



BERITA LAINNYA



Close Ads x