Kompas TV foto berita foto

FOTO: Warna-warni Kaus Lukis di Kampung Taman Yogyakarta

Kompas.tv - 15 Juli 2024, 07:00 WIB
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Ruangan berukuran sekitar 4 meter persegi di kawasan wisata Tamansari, Yogyakarta itu tampak berwarna-warni. Puluhan lukisan tertata rapi di tempat tersebut.

Media lukis di lokasi itu bukan hanya kanvas, melainkan juga puluhan kaus yang tergantung berlapis plastik. Seluruhnya merupakan karya Rudi Tayan (54).

Dulu, Rudi hanya melukis di atas kanvas, namun sejak delapan tahun terakhir ia mencoba melukis dengan media kaus, khususnya yang berbahan serat bambu. Saat ini, ia justru lebih sering melukis di kaus.

Awalnya, kata Rudi, ada seorang rekannya yang memberi saran agar ia mencoba melukis kaus untuk dijual. Kala itu sebenarnya Rudi belum berminat melukis di kaus, namun ia menuruti keinginan rekannya.

Baca Juga: Beli Lukisan Rp250 Juta Pakai Uang Kementan, SYL: Siapa yang Suruh Bawa ke Gedung Partai Nasdem?

Kaus lukis hasil karya Rudi pun dibawa oleh sang teman. Selang beberapa hari kemudian, teman Rudi kembali datang dan menyerahkan sejumlah uang karena kaus tersebut laku.

Ia pun perlahan memulai melukis di kaus, dan memajangnya bersama lukisan lain di rumahnya. Hasilnya, kaus lukis karyanya justru lebih banyak diminati.

“Dulu cuma sambilan, tapi sekarang malah jadi mata pencaharian. Lukisannya justru jadi sampingan. Tapi kadang orang beli kaus sama lukisan sekalian,” ucapnya saat ditemui di rumah sekaligus work shop-nya, di belakang kawasan Wisata Tamansari, Yogyakarta, Minggu (14/7/2024).

Ia menggunakan cat batik Remasol untuk melukis di kaus. Menurutnya, cat jenis itu memiliki warna yang lebih terang jika dibandingkan lainnya.

Sementara untuk bahan kaus, ia hanya menggunakan katun dan serat bambu. Sebab, jenis bahan kaus memengaruhi warna.

“Dari segi bahan juga ini sangat memengaruhi. Kualitas kain itu memengaruhi warna. Semakin bagus jenis kain katunnya, daya resap warna juga makin kuat.”




Sumber : Kompas TV




FOTO LAIN



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x