Kompas TV entertainment film

"Two Popes", Film Netflix Paus Fransiskus yang Progresif Bertemu Benediktus XVI yang Konservatif

Kompas.tv - 3 Juli 2024, 11:52 WIB
two-popes-film-netflix-paus-fransiskus-yang-progresif-bertemu-benediktus-xvi-yang-konservatif
Film Two Popes diperankan oleh Anthony Hawkins dan Jonathan Pryce (Sumber: imdb)
Penulis : Ade Indra Kusuma | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Paus Fransiskus akan berkunjung ke Indonesia pada 3-6 September 2024 mendatang. Kedatangan Paus Fransiskus menjadi kali ketiga pemimpin tertinggi gereja Katolik Roma datang langsung ke Indonesia. Dua kesempatan sebelumnya, terjadi pada 1970 dan 1989.

Demi memeriahkan kedatangannya, tak ada salahnya kita mengenal beberapa cerita sejarah lewat tayangan film-film seputar Paus. Di Netflix ada film The Two Popes yang bisa menghibur sekaligus memberi pengetahuan seputar pemimpin tertinggi umat Katolik di dunia itu.

Film The Two Popes (2019) menjadi rekomendasi untuk mengisi waktu luangmu Film ini memiliki genre biografi, komedi dan drama .

Baca Juga: Punya Cerita Ketika Paus Yohanes Paulus II ke Indonesia? Bagikan Pengalamanmu di KompasTV!

Film tersebut menceritakan tentang Paus Benediktus XVI (diperankan Anthony Hopkins) yang sering disebut sangat hati-hati dan  konservatif  bertemu Paus Fransiskus (Jonathan Pryce) yang dinilai lebih progresif,  harus menemukan landasan bersama untuk menempa jalan baru bagi Gereja Katolik.

Film diawali pada bulan April 2005, ketika Kardinal Jorge Mario Bergoglio (kemudian menjadi Paus Fransiskus), Uskup Agung Buenos Aires, dipanggil ke Kota Vatikan setelah kematian Paus Yohanes Paulus II untuk memilih seorang paus baru.

Kardinal Jerman Joseph Ratzinger terpilih sebagai Paus Benediktus XVI; Bergoglio menerima penghitungan suara tertinggi kedua.

Tujuh tahun kemudian, Gereja Katolik terlibat dalam skandal kebocoran Vatikan (kemudian dikenal dengan Viki Leak), dan masa jabatan Benediktus dinodai oleh tuduhan publik mengenai perannya dalam penyembunyian itu.

Bergoglio telah mengajukan pengunduran dirinya sebagai uskup agung, tetapi Vatikan belum menanggapi.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x