Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Sandiaga Uno Ungkap Nilai Investasi Asing Perdana di IKN Capai Rp1 T, Ada China hingga Rusia

Kompas.tv - 26 September 2024, 08:50 WIB
sandiaga-uno-ungkap-nilai-investasi-asing-perdana-di-ikn-capai-rp1-t-ada-china-hingga-rusia
Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Delonix Nusantara di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Rabu (25/09/2024). (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Dina Karina | Editor : Edy A. Putra

TANGERANG, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengungkapkan nilai investasi asing perdana di Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, mencapai lebih dari Rp1 triliun.

Investasi asing yang masuk ke IKN itu adalah Australian Independent School (AIS) Nusantara dari Australia, Magnum Resort Nusantara dari Rusia, dan proyek kawasan hotel hingga perkantoran oleh Delonix Group dari China.

"Jadi total nilai tabungannya dari investor Rp1 triliun, dan ini merupakan perdana yang datang dari tiga negara asing ke IKN untuk investasi," kata Sandiaga di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Rabu (25/9/2024). 

Ia memerinci, nilai investasi dari investor Australia senilai Rp150 miliar, Rusia Rp500 miliar dan China Rp500 miliar.

Baca Juga: Ditutup Hampir 6 Bulan Akibat Longsor, Tol Bocimi Kini Sudah Bisa Dilewati dan Gratis

"Kita harapkan ini bisa menjadi momentum untuk lebih banyak lagi investasi dari luar negeri yang bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja di Indonesia," ujarnya, seperti dikutip dari Antara

Sandi mengatakan, dengan adanya investor yang mulai membangun di IKN, prospek ekonomi dan bisnis akan semakin terbuka lebar.

Hal tersebut pun bisa terlihat dari pembangunan sektor perhotelan hingga perkantoran dengan fasilitas bintang 5 oleh Delonix Group.

"Targetnya nanti selama dua tahun dua bulan, fasilitas itu bisa digunakan. China akan mengeluarkan biaya investasi sebesar Rp500 miliar," ucapnya.

Baca Juga: Jokowi Lakukan Groundbreaking Magnum Resort Nusantara di IKN: Hunian Luxury yang Eksklusif

Sandi menambahkan, posisi hotel yang kini dalam pembangunan itu dinilai strategis. Lokasinya tepat berada di tengah-tengah distrik yang terintegrasi di kawasan IKN.




Sumber : Kompas TV, Antara




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x