Kompas TV ekonomi ekonomi dan bisnis

Check In Masih Manual, AirAsia Minta Penumpang Datang 3 Jam sebelum Terbang

Kompas.tv - 21 Juli 2024, 17:24 WIB
check-in-masih-manual-airasia-minta-penumpang-datang-3-jam-sebelum-terbang
Indonesia AirAsia meminta para calon penumpang untuk tiba lebih awal di bandara, karena mereka masih menerapkan check in secara manual imbas gangguan sistem global. (Sumber: Indonesia AirAsia )
Penulis : Dina Karina | Editor : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV- Indonesia AirAsia meminta para calon penumpang untuk tiba lebih awal di bandara.

Karena mereka masih menerapkan check in secara manual imbas gangguan sistem global. 

Presiden Direktur Indonesia AirAsia Veranita Yosephine meminta calon penumpang untuk datang 3 jam sebelum keberangkatan, untuk mengantisipasi antrean. 

"Untuk menghindari ketidaknyamanan saat di bandara keberangkatan, diharapkan seluruh penumpang dapat tiba di bandara setidaknya tiga jam sebelum waktu keberangkatan yang terjadwal untuk menghindari antrian panjang selama proses check-in manual," kata Veranita dalam keterangan tertulisnya, dikutip Minggu (21/7/2024). 

Namun ia memastikan, seluruh operasional penerbangan berjalan dengan baik seiring dengan situasi di lapangan yang masih dalam tahap pemulihan 100 persen. 

“Seluruh sistem IT Indonesia AirAsia sudah berangsur kembali normal, namun masih dalam tahap recovery, sehingga sementara ini proses check-in masih dilakukan secara manual di seluruh bandara, hingga seluruh sistem benar-benar pulih kembali dan stabil,” tuturnya. 

Baca Juga: Cara Mengatasi Blue Screen Windows akibat CrowdStrike

Vera menambahkan, proses ini memakan waktu sedikit lebih lama dari yang diperkirakan. 

Namun Indonesia AirAsia tetap berkomitmen untuk memastikan semua penumpang dapat melakukan penerbangan dengan nyaman dan aman mulai dari keberangkatan hingga ketibaan di bandara destinasi.

Indonesia AirAsia juga telah menempatkan sejumlah personel staf darat serta petugas keamanan dalam membantu mengatasi situasi dan memastikan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penerbangan para penumpang maupun kru penerbangan.

Senada, PT Angkasa Pura II memastikan sistem teknologi dan informasi (information and technology/IT) milik maskapai penerbangan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten, saat ini sudah kembali normal.

Pgs. SVP of Corporate Secretary AP II Cin Asmoro menyampaikan, sejak Sabtu 20 Juli 2024 sistem IT di dua maskapai nasional yakni AirAsia Indonesia dan Citilink telah dapat digunakan kembali untuk memproses keberangkatan penumpang pesawat.




Sumber : Kompas.tv, Antara




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x