Kompas TV kolom catatan jurnalis

Euro 2020 antara Prancis, Bono U2, dan Harapan Mengakhiri Pandemi

Jumat, 11 Juni 2021 | 02:15 WIB
euro-2020-antara-prancis-bono-u2-dan-harapan-mengakhiri-pandemi
Euro 2020 (Sumber: Pixabay)

Oleh: Martian Damanik, Executive Producer KompasTV

Selamat datang salah satu hiburan terbesar di dunia, turnamen sepak bola antarnegara Benua Biru Eropa, Euro 2020. Setahun lebih warga di Planet Bumi ini muram akibat pandemi Covid-19. Saatnya melupakan sejenak urusan pandemi -bukan berarti melupakan protokol kesehatan- menikmati laga dan drama sepak bola yang dihadirkan dalam Euro 2020.

Juara bertahan Portugal akan tetap mengandalkan sang mega bintang Cristiano Ronaldo. Tapi jangan lupakan, bintang muda mereka Joao Felix yang baru mengantarkan Atletico Madrid menjadi juara Liga Spanyol, atau Bernardo Silva yang membawa Manchester City juara Liga Inggris.

Juara Piala Dunia Prancis menjadi tim yang paling favorit karena kualitas materi pemain utama dan cadangan sama baiknya. Kembalinya striker Real Madrid, Karim Benzema, semakin menambah kekuatan Les Blues.

Tapi, yang menjadi calon bintang Prancis kali ini adalah gelandang Chelsea, Ngolo Kante. Dia bukan Ronaldo atau Lionel Messi. Tapi dia bisa menguasai dan menjelajah lapangan tanpa rasa lelah.

Ajang Euro 2020 kali ini jadi pembuktian bagi striker Belgia, Romelu Lukaku, setelah Eden Hazard meredup akibat cedera. Lukaku yang baru membawa Internazionale Milan jadi jawara Serie A punya ambisi membuktikan bahwa generasi emas timnas Belgia bisa meraih gelar.

Inggris juga harus diperhitungkan dalam turnamen ini. Pemain muda mereka yang sukses menembus semifinal Piala Dunia 2018 saat ini dalam usia matang. Inggris kali ini bukan cuma Harry Kane. Ada pemain muda bintang Borussia Dortmund Jadon Sancho, Jack Grealish dari Aston Villa, dan Mason Mount yang baru mengantarkan Chelsea juara Liga Champions.

Penulis : Hariyanto Kurniawan





BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:21
BIRO STATISTIK NASIONAL ITALIA (ISTAT) SEBUT KEMISKINAN EKSTREM DI NEGARANYA MELONJAK KARENA PANDEMI COVID-19   PBSI GELAR TURNAMEN SIMULASI JELANG OLIMPIADE TOKYO DI PELATNAS CIPAYUNG, JAKARTA TIMUR   PT JAKARTA INTERNATIONAL CONTAINER TERMINAL (JICT) IMBAU SOPIR TRUK TIDAK PERLU LAGI MEMBAYAR UANG TIP DI PELABUHAN   BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH (BPBD) MALUKU CATAT 33 RUMAH RUSAK AKIBAT GEMPA DI MALUKU TENGAH   KEPALA BMKG: POTENSI TSUNAMI BISA MUNCUL DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, JIKA ADA LONGSOR BAWAH LAUT AKIBAT GEMPA SUSULAN   BMKG MINTA WARGA DI PANTAI JAPUTIH, MALUKU, WASPADA TSUNAMI AKIBAT GEMPA SUSULAN   GUBERNUR ANIES BASWEDAN BERHARAP PEMBANGUNAN JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM BISA RAMPUNG TEPAT WAKTU   GUBERNUR ANIES BASWEDAN TINJAU PROSES PEMASANGAN ATAP JAKARTA INTERNATIONAL STADIUM DI TANJUNG PRIOK, JAKUT   WAGUB AHMAD RIZA PATRIA PASTIKAN PROVINSI DKI JAKARTA BELUM TARIK REM DARURAT KARENA LONJAKAN KASUS KORONA   DINAS KESEHATAN MUNA BARAT, SULAWESI TENGGARA, GANDENG TNI-POLRI PERCEPAT PELAKSANAAN VAKSINASI COVID-19   SUDINKES JAKARTA PUSAT TARGETKAN VAKSINASI COVID-19 KEPADA 16.000 ORANG PER HARI   PEMKOT BANDUNG TUTUP TEMPAT WISATA DAN HIBURAN SELAMA 14 HARI MULAI BESOK KAMIS, 17 JUNI 2021   SATGAS: KABUPATEN BANGKALAN, JATIM, JADI SATU-SATUNYA ZONA MERAH COVID-19 DI PROVINSI JAWA TIMUR   KETUA DPR PUAN MAHARANI AJAK SEMUA KOMPONEN BANGSA GOTONG ROYONG DAN FOKUS TANGANI PANDEMI COVID-19