Kompas TV regional berita daerah

Jurus Bikin Kemasan Produk yang Murah dan Berkualitas untuk UMKM DIY

Kompas.tv - 13 Desember 2020, 18:15 WIB
jurus-bikin-kemasan-produk-yang-murah-dan-berkualitas-untuk-umkm-diy
Pameran UMKM digelar di halaman kantor Dinas Koperasi dan UKM DIY. (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV-  Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) DIY membagikan sejumlah tips kepada usaha mikro kecil menengah (UMKM) yang mulai kembali menunjukkan tajinya di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya, perlu strategi untuk meningkatkan daya tarik produk UMKM DIY.

“Salah satu yang penting dalam promosi produk UMKM adalah packaging atau kemasan,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi, Minggu (13/12/2020).

Baca Juga: Jurus Pemda DIY Bantu Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19

Sebab, kemasan yang bagus bisa menarik wisatawan untuk membeli produk UMKM. Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) juga sudah memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM terkait kemasan produk.

Pelaku UMKM di DIY mendapat pengetahuan tentang kemasan yang sedang tren serta logo-logo dan informasi yang perlu dicantumkan di kemasan untuk meyakinkan pembeli.

Meskipun demikian, Siwi tidak menampik kemasan yang bagus membutuhkan anggaran yang besar. Oleh karena itu, ia menyarankan para pelaku UMKM di DIY bisa bersinergi untuk membuat kemasan bersama.

“Kalau bikin kemasan 5.000 buah tentu lebih murah ketimbang 500 buah,” ucapnya.

Menurut Siwi, sebagian besar UMKM di DIY belum mengarah ke industri besar, sehingga pembuatan kemasan akan berdampak pada ongkos produksi.  Solusi membuat kemasan bersama bisa diikuti untuk menekan ongkos produksi.

Baca Juga: Dukung UMKM Indonesia di Festival Jagoan Lokal



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x