> >

Viral Video Kendaraan Berat TNI AD Lindas Tanaman Melon Milik Petani Kebumen

Peristiwa | 28 Agustus 2020, 21:47 WIB
Kondisi tanaman melon di Urut Sewu, Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, Kebumen, Jawa Tengah. (Sumber: (DOK URUT SEWU BERSATU))

KEBUMEN, KOMPAS TV- Sebuah video berdurasi 14 detik merekam kendaraan berat milik TNI AD melindas tanaman melon milik petani di pesisir Urut Sewu, Desa Setrojenar, Kecamatan Buluspesantren, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

Video yang juga disertai watermark berbunyi "Duka petani Urutsewu ditindas dengan kendaraan berat" tersebut telah beredar di jagat maya sejak Kamis (27/8/2020).

Sekretaris Urut Sewu Bersatu Widodo Sunu Nugroho mengatakan tanaman melon yang rusak itu merupakan milik petani Urutsewu bernama Mursidin (55) dan Paryono (30).

Baca Juga: Keren! Petani Milenial Ini Ubah Lahan Kritis Jadi Kebun Kelengkeng Beromzet Puluhan Juta Sehari

Menurut dia, aksi perusakan tersebut dilakukan oleh salah satu satuan TNI. Adapun peristiwanya terjadi pada Rabu (26/8/2020) sekitar pukul 11.00 WIB.

"Menurut informasi yang kami dapatkan, perusakan tersebut dilakukan oleh salah satu satuan TNI yang pada saat itu sedang latihan menembak," kata Sunu melalui keterangan resminya yang diterima pada Jumat (28/8/2020).

Sunu menuturkan, tanaman melon yang dilindas oleh truk TNI tersebut diketahui telah berumur lebih kurang 30 hari dan mulai berbuah.

Akibat aktivitas tersebut, mengakibatkan kerusakan tanaman dan robeknya mulsa plastik akibat tergilas roda dan terinjak-injak seluas lebih kurang 0,2 hektare.

Baca Juga: Bantuan Prajurit Terbaik TNI Diharapkan Bisa Buka Akses Petani di Poso

"Kami atas nama Urutsewu Bersatu (USB) dan Forum Paguyuban Petani Kebumen Selatan (FPPKS) mengecam tindakan perusakan tanaman tersebut dan menyayangkan kelambanan pemerintah dalam menangani konflik di Urutsewu," ujar Sunu.

Penulis : Tito-Dirhantoro

Sumber : Kompas TV


TERBARU