> >

Minta PSSI Segera Gelar KLB, Ini 6 Tuntutan Persis Solo

Sepak bola | 25 Oktober 2022, 22:50 WIB
Persis Solo resmi mengirim surat ke PSSI dan meminta untuk segera dilakukan Kongres Luar Biasa (KLB). (Sumber: Tim media Persis Solo)

SOLO, KOMPAS.TV - Persis Solo menyampaikan enam tuntutan yang harus dibahas PSSI dalam Kongres Luar Biasa (KLB). 

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Persis melalui surat resmi telah meminta PSSI untuk menggelar KLB sebagai bentuk pertanggungjawaban atas Tragedi Kanjuruhan, yang juga menjadi salah satu rekomendasi dari TGIPF. 

Dalam surat itu, Laskar Sambernyawa mendesak federasi untuk melakukan KLB paling lambat 30 hari setelah surat dikirim pada hari ini, Selasa (25/10/2022). 

Persis, yang merupakan salah satu tim pendiri PSSI itu, juga menyertakan enam tuntutan yang harus dibahas dalam KLB. 

Keenam tuntutan Persis Solo itu yakni, pengusutan tuntas Insiden Kanjuruhan, termasuk pelaksanaan proses hukum dan pertanggungjawaban moral sesuai dengan rekomendasi dari TGIPF. Siapa pun yang bertanggung jawab, harus segera diproses hukum tanpa tebang pilih dan transparan.

Baca Juga: Minta Kejelasan Liga 1 Indonesia, Kaesang dan Azrul Segera Kirim Surat ke PSSI!

Kedua, memberikan hak ganti kerugian kepada seluruh korban insiden Kanjuruhan, sekaligus jaminan keselamatan dan keamanan bagi para saksi untuk memberikan keterangan dalam proses hukum.

Lalu yang ketiga, mereformasi jajaran kepengurusan Komite Eksekutif dengan sosok yang berintegritas, profesional, bertanggung jawab, dan bebas dari konflik kepentingan.

Keempat yaitu mengganti direktur operator liga yang kini berstatus sebagai tersangka, agar bisa fokus pada penyelesaian proses hukum.

Kelima adalah amandemen statuta yang isinya bertentangan dengan prinsip-prinsip tata kelola organisasi yang baik. Statuta PSSI harus menjadi pedoman yang memiliki prinsip menyelamatkan kepentingan publik/ keselamatan rakyat (salus populi suprema lex esto).

Serta yang terakhir atau yang keenam, menuntut Asosiasi Provinsi (ASPROV) untuk tidak sekadar menginduk pada keputusan pusat, tapi juga memiliki program kerja yang konkret dan terlibat aktif dalam pengembangan ekosistem sepak bola di wilayah yang dinaunginya.

Persis pun berharap, PSSI segera menggelar KLB dan memenuhi tuntutan mereka demi sepak bola nasional yang lebih baik dan bermartabat. 

 

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU