> >

Sistem Pusat Data Nasional Terganggu, Menkominfo Budi Arie Bantah Ada Serangan Siber

Peristiwa | 21 Juni 2024, 05:40 WIB
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi saat menerima kunjungan perwakilan Asosiasi Televisi Swasta Indonesia (ATVSI), Asosiasi Televisi Nasional Indonesia (ATVNI) dan Ipsos Indonesia di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Kamis (20/06/2024). (Sumber: Biro Humas Kominfo)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pihak Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemen kominfo) melakukan pemulihan layanan publik secara bertahap menyusul gangguan yang terjadi pada sistem Pusat Data Nasional (PDN).

Gangguan sistem PDN ini membuat semua layanan keimigrasian di dalam negeri terdampak.

Alhasil, layanan Imigrasi dialihkan ke sistem manual yang berakibat lambatnya pelayanan imigrasi di seluruh bandara Internasional di Tanah Air. 

Tak hanya berdampak pada layanan imigrasi, gangguan sistem PDN ini berdampak kepada seluruh layanan di instansi pemerintah.

Penyebab gangguan pada sistem PDN ini diduga karena adanya serangan siber. 

Baca Juga: Sistem PDN Gangguan Bikin Layanan Imigrasi Terdampak, Menkominfo: Kami Sedang Lakukan Pemulihan

Menkominfo Budi Arie Setiadi menjelaskan, saat ini tengah dilakukan pemulihan layanan publik secara bertahap menyusul gangguan yang terjadi pada sistem PDN. 

Budi mengakui, gangguan ini berdampak pada beberapa layanan publik, termasuk layanan keimigrasian di Bandara Internasional di Tanah Air. 

"Memang betul bahwa sedang terjadi gangguan pada Pusat Data Nasional yang berdampak pada beberapa layanan publik. Saya pastikan saat ini tim sedang bekerja secara optimal untuk mempercepat pemulihan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (20/6/2024). 

Lebih lanjut Budi menegaskan, terganggunya sistem PDN bukan karena serangan siber.

Penulis : Johannes Mangihot Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU