> >

Jubir TPN Beberkan Strategi Ganjar-Mahfud Hilangkan KKN di Indonesia

Rumah pemilu | 16 November 2023, 17:48 WIB
Bakal capres dari PDI Perjuangan (PDIP), Ganjar Pranowo (kiri) bersama bakal cawapresnya, Mahfud MD, tersenyum setelah mendaftarkan diri di kantor KPU di Jakarta, Kamis, 19 Oktober 2023. (Sumber: AP Photo/Tatan Syuflana)

JAKARTA, KOMPAS TV - Juru bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Chico Hakim,  menyatakan pasangan calon (paslon) nomor urut 3 itu akan menerapkan digitalisasi birokrasi secara merata ketika menang pada Pilpres 2024.   

Hal ini sebagai langkah untuk menghilangkan budaya korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) yang marak terjadi di Indonesia. 

"Pergerakan manusia, barang, dan perniagaan yang serba cepat, menuntut pelayanan yang dapat mengimbangi itu semua," kata Chiko dalam keterangannya, Kamis (16/11/2023).

Baca Juga: TPN Ganjar-Mahfud Apresiasi KPU Pantau Belanja Iklan Politik Medsos, Waspada Buzzer dan Manipulator

Chiko menjelaskan tiga fokus tujuan program tersebut, yakni mengubah paradigma birokrat dalam melayani masyarakat. 

Menurutnya, seperti yang diketahui bersama selama ini pelayanan birokrasi terhadap kebutuhan masyarakat sangat lamban dan berbelit-belit.

"Dengan digitalisasi, selain tentunya bisa lebih banyak kuantitas/jumlah masyarakat yang terlayani juga menjadi lebih efisien karena mengurangi tatap muka langsung yang tentu memakan waktu dan jangkauan jarak baik itu bagi masyarakat maupun petugas pelayanan. Paradigma baru yang efektif dan efisien akan terwujud," ujarnya.

Chiko mengataka lewat digitalisasi birokrasi ini, Ganjar-Mahfud juga ingin menekan akan korupsi hingga pada akhirnya bisa ke titik nol. 

Ia menyebut sistem e-budgeting, e-planning, e-procurement yang terintegrasi akan memudahkan pengambilan keputusan.

"Meningkatkan transparansi, akuntabilitas, efektivitas, dan efisiensi pengelolaan sumber daya pemerintah, dan di ujungnya mendukung pencegahan korupsi," katanya.

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU