> >

Pengamat: Prabowo Gunakan Strategi Baru untuk Gaet Pemilih, Lekatkan Diri dengan Jokowi

Rumah pemilu | 13 Oktober 2023, 20:50 WIB
Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam Kompas Petang, Minggu (7/5/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ketua Umum Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sekaligus bakal Calon Presiden (Capres) RI usungan Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto dinilai menggunakan strategi baru dalam menggaet pemilih.

Pengamat politik sekaligus Direktur  Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menjelaskan hal itu dalam dialog Kompas Petang di Kompas TV, Jumat (13/10/2023).

Menurutnya, strategi baru tersebut mulai digunakan oleh Prabowo sejak hampir setahun terakhir, tepatnya awal 2023.

“Kalau kita lihat dalam hampir setahun terakhir, dari awal 2023  kecenderungan upaya Pak Prabowo untuk menggaet pemilih kan mulai menggunakan strategi baru,” tuturnya.

“Kalau kita lihat, mulai melekatkan dirinya dengan Pak Jokowi, itu terbaca sekali dari pilihan postingan di sosmed, billboard-billboard yang muncul walaupun setahu saya belum diakui bahwa itu berasal dari pihak Pak Prabowo, tapi apa pun itu, terjadi secara masif.”

Yunarto menyebut strategi melekatkan diri pada Joko Widodo atau Jokowi, Presiden RI menjadi strategi utama yang dilakukan Prabowo Subianto

Baca Juga: Demokrat Harap Khofifah Dipilih Prabowo sebagai Bakal Cawapres di Pilpres 2024

Tapi, ia mengaku tidak mengetahui secara pasti kenapa Prabowo menggunakan strategi tersebut.

“Memang upaya melekatkan diri kepada Pak Jokowi menjadi strategi utama, saya tidak tahu apakah itu karena memang tidak pecaya diri dengan personal branding dirinya sendiri yang sudah kalah dua kali dari Pak Jokowi atau ada alasan lain.”

Konsistensi Prabowo menggunakan strategi tersebut, lanjut Yunarto, semakin tampak setelah adanya sejumlah pilihan calon wakil presiden (cawapres) pendampingnya di Pilpres 2024.

Dari beberapa pilihan, seperti Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, maupun Khofifah Indar Parawansa, pilihan Prabowo jatuh pada Gibran.

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU