> >

Waspada Karhutla, Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup Mulai Hari Ini 9 September 2023

Humaniora | 9 September 2023, 19:00 WIB
Padang sabana yang mengering di jalur pendakian Gunung Lawu via Candi Cetho. Pendakian ke Gunung Lawu ditutup mulai 9 September 2023 sampai batas waktu yang belum ditentukan untuk menghindaari kebakaran hutan dan lahan. (Sumber: Kompas.tv/DINA KARINA)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Meningkatnya kasus kebakaran hutan dan lahan, membuat pengelola Gunung Lawu menutup semua jalur pendakiannya mulai hari ini, Sabtu (9/9/2023) sampai batas waktu yang belum bisa ditentukan.

Jalur pendakian yang ditutup adalah jalur Cemoro Kandang dan Candi Cetho yang ada di wilayah Jawa Tengah dan jalur Cemowo Sewu yang ada di Jawa Timur.

Lewat akun Instagram resminya, pengelola tiga jalur tersebut mengunggah surat edaran dari Perhutani dan Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Baca Juga: Pertengahan September Puncak Karhutla, KLHK Ingatkan Warga Jangan Nyalakan Api di Tempat Terbuka

Beberapa pertimbangan yang disebutkan menjadi latar belakang penutupan jalur pendakian Gunung Lawu adalah:

1. Kejadian kebakaran Kawasan Hutan Lindung Gunung Lawu pada Rabu (30/8), di petak 42-1 dan petak 62A-2. Kawasan tersebut masuk dalam Resort Pemangkuan Hutan Tlogodringo BKPH Lawu Ultra.

2. Prakiraan Kepala Stasiun Meteorologi kelas II Akhmad Yani Semarang dalam rapat Koordinasi antisipasi Karhutla di Polres Karanganyar tanggal 23 Agustus 2023. Diprediksi musim kemarau tahun 2023 di wilayah Kabupaten Karanganyar durasinya akan lebih panjang dan lebih kering dan baru akan memasuki musim penghujan pada mulai 11 November 2023.

3. Arahan Kepala Divisi Regional Jawa Tengah untuk mitigasi kebakaran pada lokasi jalur pendakian Gunung dalam wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga: Kantor Mahfud, Luhut, Airlangga, dan Muhadjir di IKN Mulai Bisa Dipakai Agustus 2024

Penutupan jalur pendakian Gunung Lawu ini juga dilakukan tak lama setelah terjadinya kebarakan lahan di kawasan Bukit Teletubbies Bromo.

Penulis : Dina Karina Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU