> >

PDIP Buka Peluang Gibran Jadi Bakal Cawapres Ganjar, Jokowi: Tanyakan ke Puan

Rumah pemilu | 18 Agustus 2023, 16:05 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersenyum dalam upacara peringatan HUT ke-78 Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, 17 Agustus 2023. (Sumber: AP Photo/Achmad Ibrahim)

JAKARTA, KOMPAS TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi angkat bicara ihwal Ketua DPP PDIP Puan Maharani membuka peluang Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menjadi bakal cawapres Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. 

Presiden Jokowi meminta kepada awak media untuk mempertanyakan kabar tersebut ke Puan. 

"Tanyakan ke Puan," kata Jokowi usai menghadiri Peringatan Hari Konstitusi dan HUT Ke-78 MPR RI di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/7/2023).

Baca Juga: Puan Jelaskan Potensi Gibran Jadi Wakil Ganjar: Kalau MK Setuju Cawapres di Bawah 40 Tahun

Sebelumnya, Puan menjelaskan potensi Gibran menjadi bakal cawapres pendamping Ganjar Pranowo.

Puan mengatakan pihaknya masih mencermati perkembangan gugatan tentang usia minimal capres-cawapres yang sedang bergulir di Mahkamah Konstitusi (MK).

Jika nantinya MK mengabulkan gugatan tersebut dan menyetujui bahwa usia capres-cawapres di bawah 40 tahun, bisa saja Gibran yang maju sebagai pendamping Ganjar.

“Kita cermati hal tersebut ya, kalo memang di MK nya disetujui ada cawapres di bawah 40 tahun, ya bisa saja Gibran yang maju,” katanya di Jakarta usai upacara penurunan bendera merah putih, Kamis (17/8/2023).

Sebelumnya diberitakan Mahkamah Konstitusi (MK) sedang menguji gugatan tentang usia calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Pasal yang diuji adalah Pasal 169 huruf q Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum (UU Pemilu), sejak April lalu

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV


TERBARU