> >

Peringatan BMKG: Beberapa Wilayah Perairan Indonesia Berpotensi Gelombang Tinggi Hari Ini

Peristiwa | 26 Juli 2023, 08:12 WIB
Ilustrasi: Warga melihat gelombang tinggi di dermaga Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Beba, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, Minggu (26/2/2023). ANTARA FOTO/Arnas Padda/foc/pri. (Sumber: ANTARA/ARNAS PADDA)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini terkait gelombang tinggi di berbagai perairan di Indonesia hari ini, Rabu (26/7/2023).

Pola angin dominan di wilayah utara Indonesia bergerak dari Selatan - Barat Daya, sedangkan di bagian selatan bergerak dari Timur - Tenggara, dengan kecepatan angin berkisar 5 - 25 knot.

BMKG melaporkan beberapa area perairan mengalami gelombang sangat tinggi (4,0 - 6,0 m), antara lain di perairan barat Kepulauan Nias - Kepulauan Mentawai, perairan Pulau Enggano, perairan barat Lampung, dan di Samudra Hindia dari barat Aceh hingga Lampung.

Baca Juga: Ini Penjelasan BMKG Soal Suhu Dingin di Bandung

Area perairan dengan kondisi serupa juga terpantau di selatan Banten hingga Pulau Sumba.

Sejumlah perairan juga mengalami gelombang tinggi (2,5 - 4,0 m), termasuk perairan utara Sabang, perairan barat Aceh, serta Selat Malaka bagian utara.

Kondisi ini juga terlihat di Teluk Lampung, perairan Bengkulu, dan di perairan Kepulauan Sangihe - Kepulauan Talaud.

Baca Juga: Gempa M5,7 Guncang Pacitan, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Adapun perairan dengan gelombang sedang (1,25 - 2,50 m) mencakup Selat Sumba bagian timur, Selat Ombai, Laut Natuna Utara, perairan Kepulauan Anambas - Kepulauan Natuna, dan Laut Natuna.

Perairan dengan kondisi serupa juga ditemukan di perairan Manui - Kendari, perairan Kepulauan Wakatobi, dan di Teluk Tolo.

Penulis : Danang Suryo Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU