> >

Elektabilitas Kembali Naik, PDIP, PAN dan PPP Pertimbangkan Usung Ganjar di Pilpres 2024

Rumah pemilu | 17 April 2023, 10:17 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo usai Rapat Koordinasi Evaluasi Produk Tanaman Pangan dan Hortikultura di Kantor Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Semarang, Selasa (14/2/2023). (Sumber: Humas Pemprov Jateng via ANTARA)

JAKARTA, KOMPAS TV - Tiga partai politik (parpol) di parlemen mempertimbangkan nama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk diusung menjadi capres di Pilpres 2024 mendatang. Ketiga parpol tersebut ialah PDIP, PAN dan PPP. 

Hal ini merespons hasil survei terbaru dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang menunjukkan elektabilitas Ganjar kembali naik pada periode 11-14 April 2023.

Baca Juga: Survei SMRC: Polemik Tolak Timnas Israel Usai, Elektabilitas Ganjar Pranowo Kembali Naik

Wakil Sekretaris Jenderal PDIP Arif Wibowo mengatakan, pihaknya akan mempertimbangkan setiap hasil dari lembaga survei. Namun, untuk menentukan seseorang diusung menjadi capres tidak boleh diukur hanya dari sisi elektabilitasnya saja. 

Ia menjelaskan, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri akan berkomunikasi dengan banyak pihak untuk menyerap aspirasi dari berbagai kalangan sebelum membuat keputusan.

Selain itu, kata dia, dalam aturan internal PDIP, Megawati diberikan hak prerogatif untuk memilih sosok yang akan diusung di pesta demokrasi nanti. 

"Kebijakan politik itu saya kira kompatibel dengan aspirasi keluarga besar PDIP,” kata Arif seperti dikutip dari Kompas.id, Minggu (16/4/2023). 

Tak hanya PDIP sebagai parpol asal Ganjar, tren elektabilitas yang positif itu juga membuat PAN tertarik untuk mengkajinya.

Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menyebut, kajian yang saat ini dilakukan juga tidak terlepas dari dinamika PAN yang tengah mendukung gagasan pembentukan koalisi besar untuk menggabungkan Partai Golkar, Partai Gerindra, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), PAN, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP). 

”Sebentar lagi akan ada pertemuan lagi (untuk membahas soal koalisi besar). Soal hasil survei SMRC sedang dikaji,” kata Viva. 

Penulis : Fadel Prayoga Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas.id


TERBARU