> >

KPK bakal Cek Kembali LHKPN Ferdy Sambo

Hukum | 10 Desember 2022, 10:33 WIB
Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri menjelaskan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengecek kembali data kekayaan Ferdy Sambo, mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri. (Sumber: KOMPAS TV)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan mengecek kembali data kekayaan Ferdy Sambo, mantan Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Kadiv Propam) Polri.

Penjelasan itu disampaikan oleh juru bicara KPK, Ali Fikri, di sela kegiatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (9/12/2022), menjawab pertanyaan wartawan tentang tidak ditemukannya data kekayaan Sambo di laman Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

“Akan cek kembali bagaimana harta tersebut, ada atau tidak di KPK, itu semuanya te-record di KPK,” jelasnya, seperti dilaporkan oleh jurnalis Kompas TV, Watti dan Andika Jiung.

Pejabat, kata Ali, wajib melaporkan data harta kekayaan dan pelaporannya terekam dengan baik.

Menjawab pertanyaan tentang sejauh mana pengawasan oleh KPK, Ali menyebut pihaknya mendorong dan mengimbau para penyelenggara negara melaporkan data harta kekayaannya setiap tahun.

Baca Juga: Diduga Terlibat Jual-Beli Jabatan, Bupati Bangkalan Ditahan di Rutan KPK Selama 20 Hari Kedepan

Batasan waktu pelaporan harta kekayaan tersebut, lanjut Ali, adalah setiap bulan Maret hingga April.

“Tahun 2023 KPK akan mengingatkan kembali untuk laporan dan ini sebagai kontrol bagian dari upaya pencegahan tipikor (tindak pidana korupsi, red).”

“Ini motif-motif ekonomi dan diperoleh dan menjadi harta yang bernilai,” lanjutnya.

Ali menambahkan, pihaknya juga masih terus mendorong para pejabat untuk melaporkan harta kekayaan, dan berharap agar tahun ini seluruhnya melaporkan kekayaan mereka.

Mengenai teguran yang akan diberikan kepada pejabat yang tidak melaporkan harta kekayaan, Ali mengatakan pihaknya selalu menyampaikan kepada kementerian/lembaga negara dan mempublikasikan sejauh mana kepatuhan pelapor.

“Kami juga dorong seluruhnya kewajiban untuk melaporkan tadi, melaporkan LHKPN itu.”

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Kompas TV


TERBARU