> >

Ketika Zakat Masuk Dunia Metaverse, Inovasi Baru Baznas saat Ramadan 2022

Agama | 12 Maret 2022, 16:37 WIB
Zakat Metaverse, kini para muzaki bisa berzakat dengan teknologi (Sumber: Baznas)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) mulai merambah dunia metaverse pada Ramadan 2022.

Nantinya para muzaki atau orang yang berzakat akan lebih mudah melaksanakan kewajibannya dengan menggunaan teknologi terkini.

Ketua Baznas RI Noor Achmad mengatakan, zakat di metaverse ini guna mengoptimalkan pengelolaan dan peningkatan zakat, infak dan sedekah (ZIS).

"Baznas selalu beradaptasi dengan kemajuan teknologi, salah satunya dalam memanfaatkan teknologi baru, yakni dunia metaverse," ujar, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu (12/3/2022). 

Noor lantas mengatakan melalui Zakat Metaverse muzaki akan diajak menyelami pengalaman baru dalam berinteraksi dengan petugas layanan, khususnya dalam berkonsultasi terkait zakat dan kemudahan pembayaran ZIS di Baznas.

Menurutnya, pengembangan zakat metaverse, mulai dikembangkan Baznas sejak Januari 2022.

Langkah ini merupakan upaya lain dari Baznas dalam memanfaatkan dunia digital untuk mengampanyekan dan mendorong peningkatan penghimpunan zakat, infak dan sedekah.

"Sejak 2016, Baznas telah melakukan upaya digitalisasi yang terus dikembangkan menjadi transformasi digital secara menyeluruh dari semua proses kerja Baznas. Baznas selalu berusaha memberi kemudahan kepada masyarakat untuk menebar kebaikan," kata Noor.

Baca Juga: Instruksikan Zakat BUMN Dikelola BAZNAS, Erick Thohir: Saya Tidak Mau Zakat Dikelola Sendiri-sendiri

Zakat Metaverse, Ada 80 Mitra untuk Memudahkan Zakat

Baznas juga telah berkolaborasi dengan lebih dari 80 mitra platform digital, yang terdiri atas beragam peran, antara lain sebagai fasilitas payment gateway, crowdfunding, e-commerce, penyediaan QRIS untuk ZIS, dan penyedia teknologi chatbot ataupun teknologi augmented reality (AR).

Penulis : Dedik Priyanto Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV


TERBARU