> >

Puan Maharani Ingin Perempuan Parlemen Jadi Pelopor Kemajuan Budaya Indonesia, Ini Alasannya

Berita utama | 18 Februari 2022, 14:40 WIB
Puan Maharani pun takjub dengan Muhammadiyah di milad ke-109, begitu halnya Jenderal Sigit (Sumber: Tangkapan layar sambutan Puan di Milad Muhammadiyah)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Puan Maharani mengatakan, para perempuan di parlemen harus terus menjadi pelopor kemajuan budaya Indonesia.

Puan menginginkan kemajuan budaya tidak terbatas dalam konteks batik tapi juga seluruh jenis kebudayaan Indonesia.

Demikian Puan Maharani dalam keterangannya pada acara puncak pengumuman karya terpilih lomba desain batik "Rupa Karya" (Ruang Pameran Karya Anak Bangsa) yang diadakan oleh Kaukus Perempuan Parlemen Indonesia (KPP-RI), Jumat (18/2/2022).

“Inilah tugas kita untuk bisa ikut menjaga dan melestarikan apa yang menjadi budaya Indonesia, bukan hanya cara berpakaian tetapi juga bagaimana cara kita menjalankan tugas sebagai anggota parlemen,” ucap Puan sebagaimana dikutip dari Antara.

Baca Juga: Puan Maharani Ingatkan Pemerintah Perhatikan Masyarakat Adat Setempat dalam Pembangunan IKN

Dalam pernyataannya, Puan menambahkan budaya juga mencakup tata cara berbicara dan berperilaku, bukan hanya tentang berpakaian.

Untuk itu, Puan pun berharap Perempuan Indonesia atau anggota parlemen perempuan bisa mencerminkan sikap berkebudayaan.

Sementara batik, kata dia, telah menjadi bagian dari keunikan budaya Indonesia serta jati diri orang Indonesia yang harus selalu dijaga dan dilestarikan.

“Batik adalah salah satu wujud nyata dari apa yang Presiden Soekarno sampaikan, bahwa kita perlu berkepribadian secara kebudayaan,” ucapnya.

Seperti diketahui, batik memiliki keragaman jenis dan motif yang berbeda-beda di setiap daerah. Namun dalam perbedaannya itu, Puan meyakini hal itu tidak lantas menciptakan sekat.

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti Editor : Gading-Persada

Sumber : Antara


TERBARU