> >

PPKM Diperpanjang, Ini 3 Wilayah Luar Jawa Bali yang Berstatus PPKM Level 3

Peristiwa | 1 Februari 2022, 10:40 WIB
Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1-3 di luar Jawa Bali kembali diperpanjang hingga 14 Februari 2022 mendatang. (Sumber: Kompastv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 1-3 di luar Jawa Bali kembali diperpanjang hingga 14 Februari 2022 mendatang.

Melansir salinan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 7 Tahun 2022, ada 3 wilayah yang masih diberlakukan PPKM level 3.

Adapun tiga wilayah tersebut seluruhnya ada di Provinsi Papua, yakni Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Lanny Jaya, dan Kota Jayapura.

Diketahui, jumlah wilayah tersebut berkurang dari sebelumnya yang sebanyak 10 daerah.

Tak hanya PPKM level 3, dalam salinan Inmedagri juga disebutkan bahwa wilayah PPKM level 1 di luar Jawa Bali juga mengalami penurunan.

Awalnya, wilayah PPKM level 1 di luar Jawa Bali ada sebanyak 238 kabupaten/kota, kini menurun menjadi 164 kabupaten/kota.

Baca Juga: Daftar Terbaru Wilayah PPKM Jawa-Bali, Serang dan Pamekasan Berstatus Level 3

Sementara itu, terjadi peningkatan jumlah wilayah PPKM level 2 pada masa perpanjangan kali ini. Mulanya, wilayah PPKM level 2 di luar Jawa Bali ada sebanyak 138 kabupaten/kota, kini menjadi 219 kabupaten/kota.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, kasus Covid-19 di luar Jawa-Bali mengalami peningkatan.

Fakta itu, kata dia, harus menjadi rujukan kewaspadaan semua pihak.

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU