> >

Ini Khasiat dan Efek Samping Vaksin Booster Pfizer, AstraZeneca, Coronavac, Moderna, dan Zifivax

Kesehatan | 10 Januari 2022, 15:26 WIB
Ilustrasi. Ini Khasiat dan Efek Samping Vaksin Booster Pfizer, AstraZeneca, Coronavac, Moderna, dan Zifivax. (Sumber: Straits Times)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Pengawas Obat dan Makanan (Badan POM) merilis lima merek vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan izin untuk digunakan sebagai booster atau dosis ketiga.

Lima jenis vaksin booster yang mendapat izin itu yaitu vaksin Coronavac PT Bio Farma, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, Zifivax.

Menurut Kepala Badan POM RI Penny K. Lukito penetapan ini dilakukan setelah pihaknya melakukan pengkajian keamanan terkait khasiat dan mutu vaksin primer yang dievaluasi sebagai vaksin booster sejak November 2021.

"Pada hari ini kami melaporkan ada lima vaksin yang telah mendapat Emergency Use Authorization (EUA) yaitu Coronavac dari Bio Farma, Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zivivax," kata Kepala Badan POM RI Penny K. Lukito dalam konferensi pers secara daring, Senin (10/1/2022).

Perlu diketahui ada dua kategori pemberian vaksin booster, yaitu homolog dan heterolog. Vaksin booster homolog artinya vaksin yang diberikan merupakan satu jenis vaksin sama dengan dua dosis yang telah diterima.

Sedangkan, vaksin booster heteorolog artinya vaksin yang diberikan merupakan jenis lain dari dosis 1 dan 2.

Baca Juga: BPOM Resmi Izinkan Lima Jenis Vaksin Covid-19 Ini untuk Booster

Lebih lengkap, berikut ini khasiat dan efek samping vaksin booster dari lima jenis yang telah dirilis Badan POM:

1. Coronavac PT Bio Farma

Vaksin Coronavac PT Bio Farma merupakan vaksin booster homolog yang diberikan kepada warga berusia 18 tahun ke atas.

Vaksin jenis ini diberikan sebanyak satu dosis setelah 6 bulan dari pemberian vaksin primer dosis lengkap Covid-19 untuk usia 18 tahun ke atas.

Adapun kejadian tidak diinginkan yang terjadi dan berhubungan dengan vaksin, yaitu reaksi lokal di tempat suntikan, kemerahan dengan umum tingkat keparahan berada di grade 1 atau 2.

Secara khasiat, vaksin booster Coronavac memiliki titer antibodi atau tingkat antibodi dalam darah netralisasi hingga 21-35 kali setelah 28 hari pemberian vaksin booster pada subjek dewasa.

2. Pfizer 

Penulis : Nurul Fitriana Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU