> >

Dalam Waktu Dekat, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Napun Gete di NTT

Peristiwa | 19 Februari 2021, 22:48 WIB
Presiden Jokowi bertolak ke Pacitan untuk meresmikan Bendungan Tukul. (Sumber: Dok Setpres)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo akan meresmikan pengoperasian Bendungan Napun Gete yang berada di Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam waktu dekat. Pembangunan Bendungan Napun Gete di NTT merupakan yang ketiga setelah Raknamo dan Rotiklot pada tahun 2018 dan 2019.

“Seperti yang diungkapkan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu, Bendungan Napun Gete di NTT serta Bendungan Sindang Heula di Banten akan diresmikan peroperasiannya dalam waktu dekat ini,” dikutip dari keterangan pers Kementerian PUPR, Jumat (19/2/2021).

Baca Juga: Presiden Jokowi: Di Bulan Ramadan Vaksinasi Covid-19 Tetap Berjalan

Menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, pengisian awal (impounding) Bendungan Napun Gete telah dilaksanakan mulai Desember 2020 lalu. Saat ini, sambung Basuki, tengah dilaksanakan beberapa pekerjaan perapihan/finishing sebelum diresmikan beroperasi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, menginginkan pembangunan Bendungan Napun Gete selesai lebih cepat. Hal itu dilakukan dalam rangka mendukung ketahanan air dan pangan nasional.

“Ketersediaan air menjadi kunci pembangunan di NTT yang memiliki curah hujan lebih rendah dibanding daerah lain. Untuk itu perlu dibangun banyak bendungan dan embung untuk mengatasi krisis air yang dibutuhkan untuk air minum, pertanian, peternakan, dan lainnya,” ujarnya.

Baca Juga: Jokowi Resmikan Bendungan Tapin

Basuki menjelaskan saat ini progres pengisian air sudah mencapai 40 persen dari total daya tampung 11,2 juta meter kubik. Bendungan yang memiliki luas genangan 99,78 hektare ini direncanakan mampu mengairi area irigasi seluas 300 hektare.

Diharapkan dengan selesainya bendungan ini nanti dapat mendorong pemulihan ekonomi pascapandemi COVID-19 khususnya di bidang pertanian.

Selain untuk irigasi, bendungan multifungsi ini juga berfungsi sebagai penyedia air baku di Kabupaten Sikka sebanyak 214 liter per detik, pengendali banjir sebanyak 219 meter kubik per detik. Termasuk memiliki potensi pembangkit tenaga listrik sebesar 0,71 megawatt.

Penulis : Ninuk-Cucu-Suwanti

Sumber : Kompas TV


TERBARU