> >

Survei SMRC: Anggapan Publik Soal Isu Kebangkitan PKI dari Waktu ke Waktu Tidak Banyak Berubah

Politik | 30 September 2020, 19:55 WIB
Diorama penyerbuan DR. A.H Nasution di kamarnya dapat dilihat di Museum DR. A. H Nasution, Jakarta. (Sumber: KOMPAS.COM/Wienda Putri Novianty)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Tren kepercayaan publik dengan isu kebangkitan PKI dari waktu ke waktu tidak banyak berubah.

Direktur Eksekutif SMRC Sirojudin Abbas menjelaskan dalam survei nasional pada Juni 2016 sampai September 2020 menunjukkan tren responden yang setuju adanya isu kebangkitan PKI sebesar 10 hingga 16 persen.

Survei yang sama pada Juni 2016 hingga September 2017 juga menunjukkan 22 persen responden menganggap isu PKI memang nyata dan sudah mengancam. 

Baca Juga: Survei SMRC: 14 Persen Masyarakat Percaya Adanya Kebangkitan PKI

22 responden tersebut tidak setuju jika kebangkitan PKI hanya dibesar-besarkan oleh kelompok tertentu.

Selebihnya masih dalam jangka waktu survei yang sama, 46 persen responden setuju jika isu kebangkitan PKI hanya dibesar-besarkan oleh kelompok tertentu untuk kepentingan tertentu dan tidak nyata.

Lebih lanjut Sirojudin menjelaskan dalam survei terkini yang dilakukan pada 23-26 September 2020 masih ada publik yang percaya atau setuju adanya kebangkitan PKI.

Survei kepada 1.203 responden berusia 17 tahun ke atas menyatakan, 36 persen responden saat ini tahu atau pernah mendengar pendapat bahwa sekarang sedang terjadi kebangkitan PKI.

Baca Juga: Istana Hingga Balai Kota Kibarkan  Bendera Setengah Tiang Peringati G30S/PKI

Dari 36 persen tersebut 38,7 persen responden atau 14 persen dari populasi Indonesia setuju dengan isu kebangkitan PKI benar adanya.

Penulis : Johannes-Mangihot

Sumber : Kompas TV

Tag

TERBARU