> >

Ingin Turun Berat Badan? Ini Alasan Minum Americano Bisa Jadi Solusinya

Kesehatan | 10 Oktober 2024, 14:00 WIB
Foto ilustrasi kopi americano.Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2023 memberikan bukti ilmiah yang mendukung kopi americano bisa bantu turunkan berat badan. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Americano, varian kopi hitam tanpa gula yang terdiri dari espresso dan air, kini menjadi sorotan sebagai alternatif minuman yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam The American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2023 memberikan bukti ilmiah yang mendukung klaim ini.

Penelitian tersebut mengungkapkan bahwa konsumsi satu cangkir kopi hitam tanpa gula setiap hari berpotensi menurunkan berat badan sebesar 0,12 kg dalam periode empat tahun.

Sebaliknya, penambahan satu sendok teh gula ke dalam kopi harian justru dapat meningkatkan berat badan sebesar 0,09 kg dalam rentang waktu yang sama.

Alasan Americano Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan

Kafein dalam Americano menstimulasi sistem saraf untuk mengirim sinyal ke sel-sel lemak agar memecah lemak.

Baca Juga: Berapa Batas Minum Kopi dalam Satu Hari? Begini Penjelasannya

Proses ini terjadi melalui peningkatan kadar hormon epinefrin (adrenalin) dalam darah, yang kemudian meningkatkan pelepasan asam lemak dari jaringan lemak ke aliran darah.

Namun, perlu diingat bahwa aktivitas fisik tetap diperlukan untuk membakar lemak yang telah dimobilisasi ini.

Selain itu kafein juga terbukti dapat meningkatkan laju metabolisme istirahat (RMR) sebesar 3-11 persen.

Semakin tinggi dosis kafein, semakin besar efeknya terhadap metabolisme. Peningkatan metabolisme ini sebagian besar disebabkan oleh peningkatan pembakaran lemak.

Penulis : Danang Suryo Editor : Gading-Persada

Sumber : The American Journal of Clinical Nutrition, Kompas.com


TERBARU