> >

Menlu Iran Temui Pangeran Mahkota Arab Saudi di Tengah Konfrontasi dengan Israel, Ada Apa?

Kompas dunia | 10 Oktober 2024, 09:22 WIB
Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Abbas Araghchi bertemu Pangeran Mahkota Arab Saudi Mohammed Bin Salman di Riyadh, Arab Saudi, Rabu (9/10/2024). (Sumber: Akun X juru bicara Kemlu Iran @IRIMFA_SPOX)

RIYADH, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri (Menlu) Iran Abbas Araghchi berkunjung ke Riyadh, Arab Saudi dan menggelar pertemuan dengan Pangeran Mahkota Mohammed Bin Salman dan Menlu Pangeran Faisal bin Farhan.

Kunjungan itu berlangsung di tengah memanasnya situasi di kawasan Timur Tengah karena serangan Israel ke Gaza dan Lebanon.

Menurut juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Esmail Baghaei, pertemuan Araghchi dan Bin Salman terjadi pada Rabu (9/10/2024) sore waktu Riyadh.

Baca Juga: Israel Berencana Serang Iran, Netanyahu Telepon Biden untuk Konsultasi

"Menlu Araghchi bertemu dengan Yang Mulia Pangeran Mahkota Bin Salman sore ini. Mereka mengungkapkan kepuasan yang sama tentang tren positif hubungan bilateral dan menggarisbawahi perlunya mendorong kerja sama bilateral lebih jauh," kata Baghaei lewat akun X resmi, @IRIMFA_SPOX, Kamis (10/10/2024) dini hari WIB.

Dia mengatakan pertemuan tersebut membahas situasi di kawasan dan menekankan "pentingnya kerja sama regional dan internasional untuk menghentikan genosida dan perang di Gaza dan Lebanon."

Sebelum bertemu Bin Salman, Araghchi juga menggelar pertemuan dengan Menlu Faisal.

"Mereka menekankan bahwa perang di Gaza dan Lebanon harus dihentikan dan bantuan kemanusiaan mesti diizinkan secepatnya untuk diberikan kepada para pengungsi dan orang-orang yang terusir," kata Baghaei di X, Rabu.

Baca Juga: Menlu Iran Peringatkan Israel soal Serangan Balasan: Rudal Kami Dapat Menjangkau Seluruh Target

Kunjungan Menlu Iran ke Arab Saudi dilakukan setelah Teheran melancarkan serangan rudal balasan ke Israel pada 1 Oktober lalu.

Penulis : Edy A. Putra Editor : Gading-Persada

Sumber : Kompas TV, Al Jazeera


TERBARU