> >

Deretan Rudal Iran yang Bikin Israel Ngeri dan Netanyahu Gentar

Kompas dunia | 6 Oktober 2024, 07:05 WIB
Seorang perempuan berjalan melewati peluru kendali Qiam, kiri, Zolfaghar, kanan atas, dan Dezful yang dipamerkan pasukan Pengawal Revolusi hari Jumat, 7 Januari 2022. (Sumber: AP Photo/Vahid Salemi)

TEHRAN, KOMPAS.TV - Pada 1 Oktober, Iran meluncurkan sejumlah rudal balistik ke arah Israel sebagai balasan atas serangan Israel terhadap Hizbullah, sekutu Iran, di Lebanon. Aksi ini menegaskan kekuatan militer Iran yang selama ini menjadi perhatian negara-negara Barat.

Serangan tersebut merupakan yang kedua dalam tahun ini, setelah serangan pada April 2024 yang menjadi serangan langsung pertama Iran terhadap Israel.

Rudal balistik adalah komponen penting dari kekuatan militer Iran. Menurut laporan dari Kantor Direktur Intelijen Nasional Amerika Serikat, Iran memiliki koleksi rudal balistik terbanyak di kawasan Timur Tengah, seperti yang diberitakan oleh Straits Times, Sabtu (5/10/2024).

Baca Juga: Iran Tebar Ancaman ke Israel, Akan Serang Instalasi Energi jika Tel Aviv Lakukan Serangan Balasan

Rudal jarak menengah Iran di Teheran. Militer Israel hari Jumat, 12/4/2024, bersiap menghadapi kemungkinan serangan langsung dari Iran dalam dua hari mendatang. Namun, menurut laporan, Iran belum memutuskan dengan pasti apakah akan melancarkan serangan tersebut. (Sumber: Anadolu / IRNA)

Jenis Rudal Iran yang Mampu Menjangkau Israel

Pada bulan April, media semi-resmi Iran ISNA merilis grafik yang menunjukkan sembilan jenis rudal Iran yang diklaim mampu menjangkau Israel. Beberapa rudal tersebut yakni Rudal Sejil, dengan kecepatan lebih dari 17.000 km/jam dan jangkauan 2.500 km; Rudal Kheibar, yang mampu menjangkau hingga 2.000 km; dan Rudal Haj Qasem, dengan jangkauan 1.400 km.

Menurut Asosiasi Pengendalian Senjata yang berbasis di Washington, Iran memiliki berbagai rudal balistik lainnya, termasuk Shahab-1, dengan jangkauan 300 km, Zolfaghar atau Zulfikar, dengan jangkauan 700 km, Shahab-3, dengan jangkauan 800-1.000 km, Emad-1, yang masih dalam tahap pengembangan dengan jangkauan hingga 2.000 km.

Rudal yang Digunakan Iran dalam Serangan

Fabian Hinz, seorang pakar rudal Iran dari International Institute for Strategic Studies, menyatakan, berdasarkan analisis lokasi peluncuran yang tersebar di media sosial, Iran kemungkinan menggunakan kombinasi rudal berbahan bakar padat dan cair. Rudal berbahan bakar padat diluncurkan dari peluncur bergerak, sedangkan rudal berbahan bakar cair diluncurkan dari peluncur vertikal.

Tiga rudal berbahan bakar padat yang ditembakkan pada 1 Oktober diyakini adalah Haj Qasem, Kheibar Shekan, dan Fattah 1. Sementara itu, rudal berbahan bakar cair yang diluncurkan dari Isfahan kemungkinan adalah Emad, Badr, dan Khorramshahr.

Rudal sebagai Alat Pencegahan Iran

Iran selalu menekankan rudal balistik mereka adalah alat penting untuk mencegah dan membalas serangan dari Amerika Serikat, Israel, dan negara-negara lain di kawasan. Meski begitu, Iran membantah memiliki niat untuk mengembangkan senjata nuklir.

Laporan dari Behnam Ben Taleblu, seorang peneliti senior di Foundation for Defense of Democracies, menyebutkan Iran terus membangun depot rudal bawah tanah, lengkap dengan sistem transportasi dan peluncuran.

Selain itu, mereka juga mengembangkan pusat produksi dan penyimpanan rudal di bawah tanah. Pada Juni 2020, Iran pertama kali meluncurkan rudal balistik dari bawah tanah.

Pengembangan ini, menurut laporan tersebut, dipelajari Iran melalui bertahun-tahun pengalaman dalam merakit ulang rudal dan memproduksi berbagai kelas rudal dengan kerangka yang lebih panjang dan bahan komposit yang lebih ringan, untuk meningkatkan jangkauan.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Straits Times


TERBARU