> >

Iran Siap Perang Kapan Saja, Serangan Ratusan Rudal ke Israel Disebut Unjuk Kekuatan Militer

Kompas dunia | 4 Oktober 2024, 13:31 WIB
Seorang pria mengambil gambar sebuah bangunan yang hancur karena terkena rudal Iran di Hod Hasharon, Israel, Rabu (2/10/2024). (Sumber: Ariel Schalit/Associated Press)

TEHERAN, KOMPAS.TV - Serangan ratusan rudal Iran ke Israel ternyata salah satunya sebagai bentuk unjuk kekuatan militer mereka.

Juga untuk mengembalikan kredibilitas bagi pembentukan keamanan mereka setelah serangkaian pembunuh sosok-sosok penting mereka.

Selain itu, juga demi menegaskan bahwa Iran siap perang kapan saja.

Baca Juga: Rezim Kim Jong-Un Paksa Orang Tua Korea Utara Menari di Hari Manula, sebagai Bentuk Terima Kasih

Hal itu diungkapkan oleh sumber dari pejabat dan diplomat Iran.

Iran telah meluncurkan sekitar 180 rudal ke Israel pada Selasa (1/10/2024), dengan sejumlah proyektil terlihat menyala di langit Tel Aviv dan Yerusalem.

Sejumlah lokasi yang terkena tembakan diidentifikasi terjadi di Israel tengah, dengan Iran mengklaim 80 persen rudal mengenai target.

Sistem pertahanan udara Israel berhasil mencegat rudal tersebut, sehingga membuat sulit memastikan apakah pendaratan rudal atau puing-puing itu merupakan sasaran yang dituju atau tidak.

Sementara itu, sensor militer Israel berdasarkan kebijakannya, telah melarang media dan internasional mempublikasikan rincian lokasi yang ditargetkan.

Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) sendiri mengatakan rudal tersebut diluncurkan sebagai tanggapan atas pembunuhan pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Teheran, serta pemimpin Hizbullah Hassan Nasrallah, serta Komandan IRGC Abbas Nilforoushan di Lebanon.

Penulis : Haryo Jati Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Middle East Eye


TERBARU