> >

Amendemen Doktrin Nuklir Rusia Segera Diformalkan, Ini Daftar Perubahannya

Kompas dunia | 29 September 2024, 21:45 WIB
Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, jelang konferensi pers tahunan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow, Rusia, Kamis, (23/12/2021). (Sumber: AP Photo/Alexander Zemlianichenko, File)

 

MOSKOW, KOMPAS.TV – Kremlin mengumumkan amendemen doktrin nuklir Rusia telah disiapkan dan sudah dalam proses formalisasi.

Ini berarti dokumen-dokumen penting yang menjelaskan syarat-syarat penggunaan senjata nuklir oleh Rusia akan segera diperbarui dan berlaku. 

"Amandemen telah disiapkan, dan sekarang akan diformalkan," kata juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, kepada stasiun televisi negara Rusia, Minggu (29/9/2024).

Peskov menyebut situasi internasional, meningkatnya ketegangan di dekat perbatasan Rusia, serta semakin dekatnya infrastruktur NATO, sebagai latar belakang perubahan tersebut.

Selain itu, ia menekankan keterlibatan lebih dalam negara-negara nuklir Barat dalam perang di Ukraina dan berada di pihak Kiev, sebagai alasan perlunya dilakukan pembaruan terhadap doktrin nuklir Rusia.

Baca Juga: Rekan Putin Ancam Upaya NATO Tak Akan Mempan Lawan Senjata Nuklir: Serang Rusia Hanya Akan Jadi Debu

Presiden Rusia Vladimir Putin memperingatkan negara-negara Barat pada Rabu (25/9/2024) lalu bahwa menurut perubahan yang diusulkan, Rusia dapat menggunakan senjata nuklir jika diserang dengan rudal konvensional.

Putin juga menegaskan, setiap serangan terhadap Rusia yang didukung oleh negara berkekuatan nuklir, akan dianggap sebagai serangan bersama.

Perubahan ini dipandang sebagai upaya Putin untuk menarik "garis merah" bagi Amerika Serikat dan sekutunya.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : TASS/Straits Times


TERBARU