> >

Isi Pidato Lengkap Retno Marsudi di Debat Terbuka PBB, Bicarakan Palestina dan Kritik Dewan Keamanan

Kompas dunia | 26 September 2024, 21:18 WIB
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat berbicara dalam Sidang Umum PBB ke-79 di markas PBB di New York, Amerika Serikat (AS), Rabu (25/9/2024). (Sumber: Julia Demaree Nikhinson/Associated Press)

NEW YORK, KOMPAS.TV - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan pidato ketika menghadiri forum Debat Terbuka Tingkat Tinggi Dewan Keamanan PBB di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat (AS), Rabu (25/9/2024).

Retno mengkritik Dewan Keamanan PBB yang dinilai gagal menjalankan mandat untuk memelihara perdamaian dunia, khususnya terkait serangan Israel Palestina yang telah berlangsung hampir setahun.

Baca Juga: Israel Kembali Serang Sekolah di Gaza, Korban Warga Palestina yang Terbunuh Naik Menjadi 41.500

Menlu Retno menyerukan agar Dewan Keamanan mengadopsi mekanisme yang lebih demokratis dan partisipatoris untuk mengembalikan kredibilitas lembaga tersebut.

Berikut isi teks pidato lengkap Menlu Retno Marsudi di Debat Terbuka Tingkat Tinggi Dewan Keamanan PBB yang dipublikasikan laman resmi Kementerian Luar Negeri RI dan diterjemahkan Kompas TV.

Isi pidato Menlu Retno Marsudi

Kita berada di sini untuk berbicara tentang kepemimpinan untuk perdamaian. Namun, tidak ada perdamaian yang bisa ditemukan untuk bangsa Palestina.

Ketika 41.000 warga Palestina terbunuh, jutaan terusir, dan semua akses untuk operasi humaniter ditutup, intisari dari kemanusiaan kita bersama dipertanyakan.

Hal-hal ini adalah gejala gagalnya kepemimpinan untuk perdamaian. Juga, tidak akan ada perdamaian jika tidak ada penghormatan atas kedaulatan dan integritas teritorial.

Semua mata tertuju ke Dewan (Keamanan PBB) untuk membangkitkan pertentangan yang paling panjang ini sekali dan selamanya.

Hari ini, perang berskala penuh juga terancam terjadi di Lebanon pada asaat kita memiliki pasukan penjaga perdamaian UNIFIL.

Apabila kita tidak bisa menggunakan sarana yang dimandatkan DK PBB untuk menjaga perdamaian, apa jadinya kepemimpinan Dewan untuk perdamaian?

Maka dari itu, mengembalikan kredibilitas dan kepercayaan terhadap Dewan adalah prioritas kita.

Reformasi Dewan sangat dibutuhkan untuk memastikan kepemimpinan untuk perdamaian.

Saya ingin menekan dua poin utama:

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU