> >

Otoritas Palestina Merapat ke Rusia, Mahmoud Abbas Buka Peluang Hadiri KTT BRICS

Kompas dunia | 14 Agustus 2024, 23:03 WIB
Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas bersalaman dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan mereka di Novo-Ogaryovo, dekat Moskow, Rusia, Selasa (13/8/2024). (Sumber: Alexey Maishev/Sputnik/Kremlin via AP)

MOSKOW, KOMPAS.TV - Presiden Otoritas Palestina Mahmoud Abbas memberi sinyal merapat ke Rusia usai bertemu dengan Presiden Vladimir Putin di Moskow, Senin (12/8/2024) lalu.

Abbas bahkan menyebut Otoritas Palestina kemungkinan menghadiri KTT BRICS di Rusia pada Oktober 2024 mendatang.

BRICS merupakan organisasi antarpemerintahan yang beranggotakan Rusia, Brasil, India, China, Afrika Selatan, Mesir, Etiopia, Iran, dan Uni Emirat Arab.

"Kami (Abbas dan Putin) juga mendiskusikan BRICS. Kami telah mencapai kesepakatan verbal bahwa Palestina akan diundang (ke KTT BRRICS) dalam format 'penjangkauan'," kata Abbas dikutip TASS, Selasa (13/8).

Baca Juga: Zelenskyy Klaim Pasukan Ukraina Terus Maju di Kursk, Tawan 100 Tentara Rusia

Menurut Abbas, KTT BRICS mendatang akan menghadirkan sesi khusus untuk membahas isu Palestina.

Sesi khsusus itu disebutnya juga akan membahas perkembangan di kawasan Timur Tengah.

"Itu sesuatu yang relevan dan mungkin terjadi, mengingat fakta bahwa negara-negara asosiasi ini (BRICS) semuanya bersahabat dengan Palestina," kata Abbas.

Dalam pertemuan dengan Putin, Abbas mengaku membicarakan kemungkinan perkembangan situasi di Palestina saat Israel masih menggempur Jalur Gaza.

Abbas juga mengaku membahas hubungan bilateral antara Otoritas Palestina dengan Rusia.

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim Editor : Deni-Muliya

Sumber : Kompas TV


TERBARU