> >

Jerman Siapkan Rencana Evakuasi Massal Warganya di Timteng Terkait Ketegangan Israel-Iran-Hizbullah

Kompas dunia | 6 Agustus 2024, 15:46 WIB
Pemerintah Jerman sedang menyiapkan rencana evakuasi massal warga negaranya dari kawasan Timur Tengah, khususnya dari Lebanon, di tengah kekhawatiran meningkatnya eskalasi antara Israel, Iran, dan Hizbullah di Lebanon. (Sumber: Anadolu)

BERLIN, KOMPAS.TV – Pemerintah Jerman dilaporkan sedang menyiapkan rencana evakuasi massal warga negaranya dari kawasan Timur Tengah, khususnya dari Lebanon, di tengah kekhawatiran meningkatnya eskalasi antara Israel dan Iran, serta kelompok Hizbullah di Lebanon. 

"Kami sangat mengkhawatirkan kondisi warga Jerman di Lebanon," ujar Sebastian Fischer, juru bicara Kementerian Luar Negeri Jerman, dalam keterangan pers di Berlin, seperti dilansir Anadolu, Senin (5/8/2024).

"Kami mendesak warga Jerman untuk meninggalkan Lebanon selagi masih ada waktu," tambahnya.

Langkah evakuasi dilakukan menyusul laporan intelijen yang mengindikasikan potensi serangan balasan Iran terhadap Israel yang mungkin terjadi dalam pekan ini.

Potensi serangan balasan itu muncul usai pembunuhan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, di Teheran pada 31 Juli lalu.

Iran dan Hamas menyatakan Israel sebagai pelaku. Sedangkan Israel tidak mengonfirmasi maupun membantah tudingan tersebut.

Majalah berita Jerman, Der Spiegel, Senin, melaporkan militer negara tersebut, Bundeswehr, tengah mempersiapkan operasi evakuasi besar-besaran.

Angkatan Udara Jerman dilaporkan telah menyiapkan armada kecil pesawat angkut A400M yang akan membawa warga Jerman dari Beirut menuju Siprus.

Di lapangan, suasana di Bandar Udara Internasional Rafik Hariri di Beirut mulai dipadati warga asing yang berusaha meninggalkan Lebanon. 

Menurut laporan wartawan Al Jazeera, Ali Hashem, dari bandara tersebut, Selasa (6/8/2024), banyak orang yang menunggu hingga 16 jam lebih akibat penundaan penerbangan. 

Penulis : Rizky L Pratama Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : Anadolu/Al Jazeera


TERBARU