> >

Sherpa Perempuan Nepal Pecah Rekor Sendiri 10 Kali Capai Puncak Everest, Ini Kisahnya

Kompas dunia | 12 Mei 2022, 15:06 WIB
Seorang Sherpa Nepal bernama Lhakpa Sherpa memecahkan rekornya sendiri sebagai pendaki perempuan paling sukses di jagad raya, kini tercatat sepuluh kali mencapai puncak puncak tertinggi dunia, Puncak Everest, hari Kamis, (12/5/2022) (Sumber: AP Photo/Niranjan Shrestha, File)

KATHMANDU, KOMPAS.TV — Seorang Sherpa Nepal bernama Lhakpa Sherpa memecahkan rekornya sendiri sebagai pendaki perempuan paling sukses di jagad raya, kini tercatat sepuluh kali mencapai Puncak Everest, hari Kamis, (12/5/2022) seperti dilaporkan Associated Press, Kamis.

Lhakpa Sherpa dan beberapa pendaki lainnya memanfaatkan cuaca yang baik untuk mencapai puncak setinggi 8.849 meter pagi-pagi sekali, kata saudara laki-lakinya dan penyelenggara ekspedisi Mingma Gelu. Dia mengatakan Lakpa saat ini dalam kesehatan yang baik dan aman turun dari puncak.

Lhakpa Sherpa, 48 tahun, tidak sempat mengenyam pendidikan formal karena harus mulai mencari nafkah dengan membawa perlengkapan mendaki dan perbekalan untuk para pendaki dari berbagai penjuru dunia.

Pendakian yang sukses hari Kamis adalah yang ke-10, kali terbanyak bagi perempuan manapun di jagad raya dalam soal mencapai Puncak Everest, dan dia selalu mengatakan ingin menginspirasi semua perempuan di dunia sehingga mereka juga dapat mencapai impian mereka.

Lhakpa Sherpa di AS bekerja dengan upah minimum dan saat ini mencuci piring ketika dia berlatih untuk KTT Everest ke-10 tanpa kesepakatan dukungan, tanpa ahli gizi, dan tanpa pelatih.

Lhakpa adalah wanita Nepal pertama yang mencapai puncak Everest dan turun hidup-hidup, yang dia capai pada musim semi tahun 2000. Dengan sepuluh puncak Everest yang tercatat, dia memegang rekor dunia untuk wanita.

Lhakpa Sherpa adalah seorang wanita dengan prestasi dan keterampilan yang ditunjukkan, tetapi tanpa sponsor, dan harus mempertaruhkan hampir segalanya untuk terus mendaki gunung Himalaya yang dia cintai.

Berasal dari Nepal, Lakpa Sherpa tinggal di Amerika Serikat bersama ketiga anaknya di West Hartford, Connecticut.

Baca Juga: Peneliti: Gletser Tertinggi Everest Mencair Cepat karena Krisis Iklim

Sherpa Nepal lainnya, Kami Rita Sherpa, seorang laki-laki, mencapai puncak untuk ke-26 kalinya pada Sabtu, memecahkan rekornya sendiri untuk pendakian terbanyak di Everest. (Sumber: Everest Chronicle)

Pemandu Sherpa Nepal lainnya, Kami Rita Sherpa, seorang laki-laki, mencapai puncak untuk ke-26 kalinya pada Sabtu, memecahkan rekornya sendiri untuk pendakian terbanyak di Everest.

Penulis : Edwin Shri Bimo Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Kompas TV/Associated Press/Guardian/NPR


TERBARU