> >

Arab Saudi Bersiap Menerima Kiriman Pertama Vaksin Covid-19

Kompas dunia | 7 Desember 2020, 06:13 WIB
Penguasa Kerajaan Arab Saudi, Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud. (Sumber: AP)

JEDDAH, KOMPAS TV – Arab Saudi bersiap menerima pengiriman pertama vaksin Covid-19 dan akan siap didistribusikan dalam beberapa minggu ke depan.

Arab News melaporkan, vaksin yang akan diterima Arab Saudi adalah buatan Pfizer dan BioNTech dan akan datang dalam kotak pendingin khusus menggunakan es kering yang akan menjaga vaksin tersebut pada suhu -70 hingga -80 derajat C. Suhu tersebut disyaratkan pembuat vaksin agar dapat efektif.

Arab Saudi akan menjadi salah satu negara pertama yang menerima vaksin Covid-19 dan menyatakan seluruh perangkat dan sumber daya telah siap menjalankan vaksinasi.

Dr. Nezar Bahabri seperti dikutip Arab News mengatakan, vaksin yang akan diterima Arab Saudi membutuhkan alat khusus yang dapat menjaga temperature secara konstan selama 10 hari pada suhu -70 derajat Celcius. Vaksin yang bernama BNT162b2 itu akan dikirimkan ke pusat vaksinasi.

Baca Juga: 13 Calon Jemaah Umrah Positif Corona, Arab Saudi Hentikan Sementara Visa Umrah

Kepala Saudi Arabian Logistics yang memimpin distribusi seperti dilaporkan Arab News mengatakan, saat ini seluruh staf dan peralatan sudah pada kesiapan maksimum untuk mendistribusikan vaksin ke seluruh negeri.

Sementara, maskapai Saudi Arabian Airlines menyatakan seluruh pesawatnya telah disiapkan untuk mengirim vaksin secepatnya.

Pada November lalu, Arab Saudi menyatakan akan menjadi salah satu negara pertama yang mendapat vaksin dan menjalankan vaksinasi.

Juru bicara Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Dr. Muhammad Al-Abd Al-Aly memastikan seluruh perangkat kerajaan seperti dewan pengkaji, lembaga kesehatan negara, dan otoritas obat dan makanan, berada di bawah koordinasi kementerian kesehatan dan akan mengeluarkan persetujuan yang dibutuhkan pada saat vaksin tiba di tanah Arab Saudi.

Baca Juga: WHO Puji Arab Saudi yang Sukses Gelar Haji di Tengah Pandemi

Penulis : Edwin-Shri-Bimo

Sumber : Kompas TV


TERBARU