> >

Penting, Pahami Istilah dan Singkatan Penting Terkait Pendaftaran Seleksi CPNS dan PPPK 2024

Loker | 26 Agustus 2024, 07:05 WIB
Foto ilustrasi. Peserta seleksi CPNS tengah mengikuti salah satu sesi tes CAT. Cek betul batas nilai passing grade untuk CPNS 2024. (Sumber: Kementerian PAN RB)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Badan Kepegawaian Negara (BKN) secara resmi membuka pendaftaran untuk Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 mulai Selasa, 20 Agustus 2024.

Masyarakat bisa melakukan pendaftaran CPNS 2024 melalui portal SSCASN BKN hingga 6 September 2024. 

Sementara itu, pendaftaran untuk Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bagi tenaga non-ASN dan tenaga honorer akan dibuka secara bertahap.

Setiap instansi pemerintah, baik kementerian maupun lembaga pusat, dijadwalkan untuk mengumumkan formasi CPNS antara 19 Agustus hingga 2 September 2024. 

Adapun sebanyak 547 instansi pemerintah terlibat dalam proses ini, yang terdiri dari 69 instansi pusat dan 478 instansi daerah. 

Secara keseluruhan, 250.407 formasi telah diseleksi dengan ketat oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Setelah memilih formasi dan instansi yang diinginkan, calon pelamar dapat melakukan pendaftaran secara online melalui situs https://sscasn.bkn.go.id.

Dalam seleksi CPNS selaku ada istilah dan singkatan penting yang perlu diingat oleh pendaftar, salah satunya ialah TMS.

TMS adalah singkatan dari Tidak Memenuhi Syarat, istilah ini digunakan untuk menyatakan bahwa pelamar CPNS tidak lolos seleksi administrasi karena berkas lamaran tidak sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

Baca Juga: Penjelasan Perbedaan Putusan MA dan MK Jelang Pilkada: Syarat Usia Calon Kepala Daerah dan Lainnya

Penulis : Kiki Luqman Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU