Kompas TV advertorial
advertorial

Menjaga Kehidupan Lewat Pembangunan Bendungan dan Perlindungan Air Bersih

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 12:00 WIB
menjaga-kehidupan-lewat-pembangunan-bendungan-dan-perlindungan-air-bersih
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) memiliki peran krusial dalam pembangunan bendungan di Indonesia.  (Sumber: Dok. ANTARA)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Sebagai negara tropis, Indonesia memiliki dua musim, yakni musim hujan dan kemarau. Kemarau panjang kerap menjadi momok bagi setiap wilayah di Indonesia karena berpotensi menimbulkan bencana seperti kebakaran hutan, krisis air, hingga krisis pangan.

Untuk merespons fenomena ini, pemerintah membangun bendungan sebagai infrastruktur multiguna yang mampu menjawab tantangan besar dari risiko bencana dua musim di Indonesia. 

Bendungan berperan penting khususnya dalam manajemen sumber daya air di wilayah dengan topografi seperti Indonesia. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) memiliki peran krusial dalam pembangunan bendungan di Indonesia. 

Tugas utama KemenPUPR meliputi perencanaan dan pengkajian lokasi serta kebutuhan bendungan, penganggaran dan pembiayaan, serta pelaksanaan konstruksi. 

Selain itu, KemenPUPR bertanggung jawab atas pengelolaan dan pemeliharaan bendungan setelah selesai dibangun, termasuk memastikan operasional sehari-hari dan melakukan perbaikan jika diperlukan. 

KemenPUPR juga berkoordinasi dengan lembaga terkait dan pemerintah daerah untuk mengoptimalkan fungsi bendungan, membangun infrastruktur pendukung seperti jaringan irigasi dan pipa transmisi, serta melakukan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya bendungan. 

Dengan demikian, KemenPUPR memastikan bahwa bendungan dapat memberikan manfaat maksimal dalam penyediaan air bersih, irigasi, pengendalian banjir, dan pembangkit energi listrik.

Tim Indonesia Bergerak melihat kondisi akses air bersih di dua wilayah yang sempat mengalami krisis air bersih, yaitu di Pulau Sabang yang masuk dalam kategori pulau 3T (Terdepan, Terluar, Tertinggal) dan Balikpapan, Kalimantan Timur, yang telah mengalami permasalahan krisis air bersih selama bertahun-tahun.

Tujuan pembangunan infrastruktur bendungan adalah memberikan pemahaman kepada khalayak umum terkait manfaatnya bagi pemenuhan air bersih dan sanitasi. Bendungan merupakan infrastruktur multiguna yang dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dengan mengatasi krisis air bersih, mengoptimalkan ketahanan pangan, hingga mewujudkan energi bersih.

 

Urgensi Pembangunan Bendungan di Indonesia

Sebagai negara tropis, Indonesia tak lepas dari potensi bencana alam berupa banjir dan kekeringan. Untuk mengatasi permasalahan ini, pemerintah membangun infrastruktur multiguna berupa bendungan di sejumlah wilayah untuk menampung kelebihan air dan mengatasi krisis air bersih.

Bendungan sangat penting bagi kehidupan di wilayah-wilayah yang mengalami kekeringan karena perubahan iklim.

Kemarau panjang seringkali menjadi ancaman bagi wilayah-wilayah ini, dan bendungan berperan penting dalam manajemen sumber daya air yang dapat mengurangi risiko bencana.

Sejak tahun 2014, sebanyak 61 bendungan telah dicanangkan, tiga di antaranya telah selesai dibangun, sementara 18 lainnya ditargetkan rampung pada akhir tahun 2024.

Pembangunan bendungan bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian, pengembangan ekonomi, dan pemenuhan kebutuhan air bersih bagi masyarakat.

Indikator ketahanan air adalah pemenuhan kebutuhan air per kapita per tahun. Saat ini, Indonesia baru mencapai 66 m³ per kapita per tahun, dengan target meningkat menjadi sekitar 70 m³ per kapita per tahun. 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA


Opini

Demokrasi yang Direkayasa

27 Agustus 2024, 12:55 WIB

Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x