Kompas TV video vod

Sering Disebut-sebut, PIC atau 'Person In Charge' Artinya Penanggung Jawab - SELASA BAHASA

Kompas.tv - 8 Oktober 2024, 16:01 WIB
Penulis : Shinta Milenia

JAKARTA, KOMPAS.TV - Dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, kita sering mendengar istilah "PIC," singkatan dari "Person In Charge."

Jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, person in charge berarti orang yang dipilih untuk memegang peranan penting dalam suatu kegiatan atau agenda.

Memasuki era modern dengan perkembangan teknologi yang pesat, bahasa asing kini lebih sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, bahkan dalam konteks formal.

Istilah "person in charge," yang lazim disingkat menjadi PIC, merujuk pada seseorang yang bertanggung jawab atas jalannya suatu kegiatan, proyek, atau tugas tertentu di dalam kantor.

Dalam bahasa Indonesia, PIC bisa dipadankan dengan penanggung jawab atau pelaksana.

Tugas PIC bervariasi tergantung pada perusahaan atau organisasi, namun secara umum, penanggung jawab ini bertugas memastikan kegiatan berjalan dengan baik.

Secara sederhana, person in charge dapat diartikan sebagai pelaksana atau penanggung jawab, yang biasanya dipilih karena memiliki kompetensi dalam menangani tugas yang telah ditentukan.

Istilah "person in charge" yang berasal dari bahasa asing kini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, sering kali dicampur dengan kalimat-kalimat dalam bahasa Indonesia.

Pencampuran antara bahasa Inggris dan Indonesia ini menjadi hal yang lazim, karena bahasa selalu berkembang seiring dengan kemudahan penyampaian informasi melalui teknologi.

Tentu saja, tidak ada salahnya jika kita ingin terus melestarikan bahasa Indonesia. Kita juga harus menggunakan bahasa tersebut dengan baik dan tepat.

Baca Juga: Populer di Medsos, "Hidden Gem" Bisa Berarti Tempat Indah yang Tersembunyi - SELASA BAHASA

#pic #kbbi #bahasaindonesia




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x