Kompas TV video vod

Usaha Menyulap Eceng Gondok Jadi Kerajinan Bernilai Jual Hingga Ratusan Ribu

Kompas.tv - 5 Oktober 2024, 18:36 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Warga yang tergabung dalam Kelompok Kerajinan Kebumen Gemilang Sejahtera menunjukkan antusiasme tinggi saat mengikuti pelatihan pembuatan kerajinan tangan berbahan enceng gondok. Welis Fatimah, salah satu pengrajin, menjelaskan bahwa ide untuk membuat kerajinan ini muncul karena banyaknya enceng gondok yang tumbuh di perairan Sungai Musi.

Sejak dirintis pada tahun 2023, usaha ini kini memiliki 10 anggota, terutama ibu-ibu di sekitar rumah Welis. Ia memberikan pelatihan agar mereka bisa memanfaatkan enceng gondok dengan baik. Para anggota kelompok mengambil enceng gondok dari sekitar Taman Wisata Kerajaan Sriwijaya, kemudian mengeringkannya dengan cara menjemur selama dua pekan hingga satu bulan, tergantung cuaca.

Setelah kering, enceng gondok diolah menjadi berbagai kerajinan, termasuk sandal yang dijual dengan harga antara Rp85.000 hingga Rp120.000, tergantung model dan kerumitannya. Selain sandal, kelompok ini juga dilatih untuk membuat tas, topi, kotak tisu, dan celengan.

Baca Juga: Usaha Pemuda di Karawang Mengubah Eceng Gondok Menjadi Biogas

#ecenggondok #palembang




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x