Kompas TV video vod

Usaha Pemuda di Karawang Mengubah Eceng Gondok Menjadi Biogas

Kompas.tv - 16 September 2024, 18:43 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

KARAWANG, KOMPAS.TV - Sejumlah pemuda di Desa Walahar, Kecamatan Ciampel, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, berhasil mengubah tanaman eceng gondok menjadi biogas. Inovasi ini muncul dari keresahan warga akibat masifnya pertumbuhan eceng gondok di danau dan sungai.

Eceng gondok merupakan tanaman air yang tumbuh secara masif di perairan, terutama di sungai dan danau. Pertumbuhan eceng gondok yang meluas dapat menyebabkan penyumbatan dan penyempitan alur sungai dan danau. Selain itu, masalah ekologis juga sangat terdampak, seperti penurunan kualitas air, hilangnya habitat bagi spesies air, dan meningkatnya risiko banjir di daerah sekitarnya.

Salah seorang pemuda berusia 21 tahun bernama Dhani Ubed ini bisa menjadi teladan bagi teman-teman sebaya. Ia mengubah eceng gondok menjadi biogas melalui sejumlah proses. Sebelumnya, Dhani telah membuat alat-alat penunjang untuk mengubah eceng gondok menjadi biogas. Alat-alat tersebut meliputi alat pencacah, bak penampungan, serta sejumlah selang untuk menyalurkan biogas ke dapur-dapur.

Baca Juga: Pemuda Obesitas 300 Kg Asal Tangerang Meninggal Dunia di RSCM

#biogas #ecenggondok #karawang




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x