Kompas TV video vod

Museum Ranggawarsita Dapat Hibah 75 Patung Mungil

Kompas.tv - 16 September 2024, 14:37 WIB
Penulis : Kharismaningtyas

SEMARANG, KOMPAS.TV - Para petugas di Museum Ranggawarsita Kota Semarang, Jawa Tengah melakukan inventarisasi koleksi mereka. Setidaknya ada 75 koleksi patung mungil dengan ukuran 5 hingga 15 cm yang dihibahkan oleh kolektor asal Blitar, Jawa Timur.

Inventarisasi dilakukan secara bertahap, mulai dari menerima dan membuat berita acara penerimaan koleksi, pembukaan koleksi patung, pengukuran patung, penomoran, pemberian deskripsi, hingga proses dokumentasi berupa pemotretan. Setelah itu, koleksi akan dikemas ulang dan diberi label. Selanjutnya, koleksi ini akan diinventarisasi sebagai barang koleksi Museum Ranggawarsita.

Kegiatan inventarisasi di Museum Ranggawarsita rutin dilakukan setiap tahun. Inventarisasi diperlukan untuk memberikan keterangan mulai dari asal koleksi, identitas penghibah, hingga deskripsi koleksi seperti tinggi, tebal, bahan baku, hingga nilai historis setiap koleksi yang ada. Nantinya keterangan tertulis ini akan ditampilkan bersama dengan koleksi museum yang dipamerkan, sebagai bahan literasi dan edukasi tertulis.

Setidaknya ada 10 jenis koleksi yang bisa dihibahkan kepada pihak Museum Ranggawarsita Kota Semarang, seperti arkeologika, biologika, geologi, etnografika, historika, numismatika, fiologi, keramologika, seni rupa, dan teknologi.

#museum #semarang #ranggawarsita




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x