Kompas TV video vod

[FULL] Langkah hingga Tantangan Pemerintah Lakukan Transisi Energi demi Keadilan Iklim Indonesia

Kompas.tv - 13 September 2024, 10:34 WIB
Penulis : Jocelyn Valencia

KOMPAS.TV - Pemerintah terus berupaya melakukan transisi energi demi keadilan iklim di Indonesia. Lalu, sejauh mana langkah dan tantangannya ke depan?

Badan Iklim Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) memaparkan pemanasan bumi dimulai sejak Revolusi Industri yang mana bahan bakar fosil melepas karbondioksida yang terperangkap sebagai energi ekstra di atmosfer.

Dengan luas hutan hujan tropis terbesar ketiga di dunia, Indonesia memiliki peran penting dalam menekan krisis iklim. Namun, Indonesia masih memiliki sejumlah tantangan untuk mengurangi emisi.

Indonesia, sebagai produsen batu bara dan kelapa sawit tersohor di dunia. Hal ini menjadi indikator utama yang mendorong pemerintah untuk menuju jalur energi berkelanjutan.

Data Carbon Atlas pada 2022 menyebutkan bahwa Indonesia menyumbang 7 persen dari karbon dunia dari sektor lahan dan hutan.

Terkait ini, Triana Kurnia Wardani, Sekjen Serikat Perempuan Indonesia atau SERUNI mempertanyakan upaya pemerintah meninggalkan ketergantungan dengan energi fosil.

#iklim #indonesia #energi #pemerintah

Baca Juga: Baru! MRT Jakarta Resmi Luncurkan Sistem Pembayaran Digital 'MartiPay' untuk Permudah Transaksi




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x